PDK Kosgoro 1957 Sulut Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Manado

oleh -177 Dilihat
Ketua Harian Kosgoro 1957 Sulut, Moris Polak menyerahkan bantuan bagi korban banjir di Manado.
Ketua Harian Kosgoro 1957 Sulut, Moris Polak menyerahkan bantuan bagi korban banjir di Manado.

MANADO, Swarakawanua.com – Pekan lalu Kota Manado kembali dilanda bencana alam, banjir dan tanah longor terjadi di 33 Kelurahan.

Berbagai pihak turut bersimpati dengan memberikan bantuan termasuk Pengurus Daerah Kolektif (PDK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Sulawesi Utara (Sulut).

Sabtu 03 Februari 2023, PDK Kosgoro 1957 Sulawesi Utara memberikan bantuan untuk korban terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kota Manado.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa Bahan Pokok (Bapok) yakni, Beras, Minyak Goreng, Ikan Kaleng, Telur, Makanan Siap Saji, Air Mineral, Kasur, Perlengkapan Bayi dan Obat – Obatan ini dibagikan di 5 titik bencana di Kota Manado.

Menurut Ketua PDK Kosgoro Sulut, Jilly Philips Makarawung yang diwakili oleh Moris Polak selaku Ketua Harian mengatakan, aksi kemanusiaan yang bertemakan “Dari kita, oleh kita dan untuk mereka” ini, didasari oleh hati nurani dan kesadaran sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan, juga sesuai dengan Tridharma Kosgoro 1957 yakni; Pengabdian, Kerakyatan dan Solidaritas.

“Pengabdian, di mana kita memberikan dari apa yang kita punya yaitu waktu, tenaga, pikiran dan finansial untuk melakukan aksi bakti sosial ini agar menunjukkan bahwa mereka para korban bencana alam ini tidak sendiri, tetapi ada elemen-elemen masyarakat yang dengan senang hati membatu,” terang Moris.

Sementara untuk Kerakyatan menurut Moris, di mana sebagai elemen masyarakat dapat merasakan hal yang sama dengan para korban bencana alam dan siap hadir untuk memberikan support yang nyata.

“Kami ingin memperlihatkan bahwa Si Tou Timou Tumou Tou itu menjadi nyata dalam kehidupan bermasyarakat,” terangnya lagi.

Lanjut ditambahkan Moris, untuk Solidaritas, di mana mereka bersama-sama, bergotong-royong, bahu membahu, menyisihkan apa yang mereka punya untuk kegiatan kemanusiaan ini.

‘Kami ingin terus mengedepankan semangat gotong-royong yang menjadi dasar Kosgoro 1957 menjadi nyata,” tegas Moris.

Ketua Harian Kosgoro Sulut ini juga berharap, meskipun sederhana, namun kiranya bantuan tersebut bisa sedikit meringankan beban para korban terdampak bencana.

“Kami berharap, support yang seadanya ini dapat sedikit mengurangi kesulitan yang saudara-saudara kita alami dan kami hadir untuk menguatkan mereka bahwa mereka tidak sendiri, dengan kemampuan yang terbatas PDK Kosgoro Sulut 1957 tetap hadir untuk saudara-saudara yang mengalami bencana,” tandasnya.

Sementara itu, Akson Mahare selaku warga Kelurahan Ternate Tanjung mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh PDK Kosgoro Sulut. “Terima kasih atas bantuan yang rekan-rekan Kosgoro berikan, kiranya Tuhan memberkati dan membalas berkat kepada saudara-saudara,” pungkas Mahare.

Diketahui, penyerahan bantuan di 5 titik lokasi terdampak bencana ini diawali dari Kelurahan Mahawu, Cempaka, Ternate Tanjung, Perkamil dan berakhir di Kelurahan Malendeng.

Sekilas Tentang Kosgoro 1957

KOSGORO 1957 didirikan pada tanggal 10 November 1957. Kosgoro merupakan salah satu KINO (Kelompok Induk Organisasi), disamping SOKSI dan MKGR, yang melahirkan Sekretariat Bersama Golongan Karya (Sekber Golkar) pada 20 Oktober 1964.

Kino-kino tersebut pada tahun 1970 mengeluarkan keputusan bersama untuk ikut menjadi peserta pemilihan umum melalui satu nama dan tanda gambar yaitu Golongan Karya (GOLKAR). Logo yang menjadi tanda gambar GOLKAR sejak Pemilu tersebut tetap dipertahankan hingga sekarang.

KOSGORO didirikan oleh Mas Isman (Ayah dari Hayono Isman/ Ex Menpora RI), Mas Isman adalah Ex Komandan pejuang Tentara Pelajar Jawa Timur/ TRIP, KOSGORO memiliki semboyan Tri Dharma yaitu: Pengabdian, Kerakyatan dan Solidaritas.

KOSGORO sebagai Induk Organisasi memiliki gerakan, badan, dan lembaga yang merupakan alat kelengkapan organisasi, yang terdiri dari: Gerakan Mahasiswa Kosgoro (Gema Kosgoro), Generasi Muda Kosgoro (GM Kosgoro), Badan Musyawarah Pengusaha Swasta (Bamuhas), Wanita Kosgoro, dan Lembaga Bantuan Penyuluhan Hukum Kosgoro (LBPH Kosgoro).

Kosgoro 1957 mendirikan sebuah kampus pada tahun 1990 yg bernama Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Kosgoro dan sejak tahun 2012 berubah nama menjadi Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957 Jakarta.(mey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.