Pemerintah Desa Paslaten, Kecamatan Langowan Barat Ikuti Sosialisasi Desa Sadar Hukum Tahun 2023

oleh -172 Dilihat

MINAHASA, swarakawanua.com – Pemerintah Desa Paslaten mengikuti Sosialisasi Desa Sadar Hukum Tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kecamatan Langowan di Balai Desa Walewangko. Jumat, (01/12/2023)

Kegiatan Sosialisasi Desa Sadar Hukum tersebut dibuka oleh Camat Langowan Barat, Ir. Sisca Maseo, MAP yang juga dihadir Hukum Tua, Perangkat Desa dan Stakeholder se-Kecamatan Langowan Barat.

Camat Langowan Barat menyampaikan bahwa Perangkat Desa harus mempunyai kapasitas untuk memahami aturan hukum yang dapat diimplementasikan di desa masing-masing.

“Tentu juga, menghadapi Natal mendatang agar pemerintah desa dapat menjaga keamanan dan ketertiban sehingga menciptakan desa aman dan kondusif,” ungkap Maseo.

Disamping itu, Kaplosk Langowan Barat, IPTU. Adrian Tatontos mewakili Kapolres Minahasa, AKBP. Ketut Suryana, SIK, SH, MM, menyampaikan, indikator termasuk Perilaku hukum adalah tindakan nyata individu atau masyarakat yang sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku. Ini mencakup kepatuhan terhadap hukum, partisipasi dalam proses hukum, dan penggunaan sarana hukum untuk menyelesaikan konflik atau masalah. Perilaku hukum yang baik menunjukkan adanya kesadaran hukum yang termanifestasi dalam tindakan konkret.

“Pentingnya Kesadaran Hukum Dalam Masyarakat kesadaran hukum memainkan peran penting dalam menjaga ketertiban, keadilan, dan stabilitas dalam suatu masyarakat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kesadaran hukum sangat diperlukan oleh masyarakat diantaranya, mengatur perilaku, Perlindungan hak dan kebebasan, Menyelesaikan konflik, Penghormatan terhadap hak asasi manusia dan Partisipasi dalam pemilihan dan proses demokrasi,” ungkap Tatontos.

Hukum Tua Desa Paslaten, Vero Pesakh dalam kesempatannya menyampaikan sosialisasi sadar hukum ini sangat perlu untuk mengetahui bagai mana penerapkan hukum, baik adminstrasi desa, maupun implementasi keamanan dan ketertiban desa.

“Dengan adanya sosialisasi sadar hukum ini, kami sebagai pemerintah desa sangat perlu untuk menambah wawasan perangkat pemahaman hukum, baik tertib administrasi juga keamanan ketertiban desa,” ungkap Pesakh

Kegiatan ini dihadiri, Polres Minahasa, Kejaksaan Negeri Minahasa sebagai Narasumber serta Hukum Tua, Perangkat Desa dan Stakeholder sebagai Peserta. (*/Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.