Pemkab Minahasa Gelar Upacara HGN dan HUT KORPRI Ke-52

oleh -439 Dilihat

MINAHASA, swarakawanua.com – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke-52 Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar Upacara bersama Jajaran di Halaman Kantor Bupati. Rabu, (29/11/2023) pagi tadi.

Penjabat Bupati Minahasa, Dr. Jmmy Stani Kumendong, M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara, yang dihadiri Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Dalam kesempatannya Penjabat Bupati Minahasa membacakan sambutan Mendikbudristek, Nadiem Makarim dan Ketua Umum Korpri, Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh SH MH.

Nadiem Makarim mengatakan, ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

“Selanjutnya, terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata,” kata Nadiem

Terakhir, kata Makarim, saat ini, sangat membahagiakan karena sudah semakin dekat untuk mencapai target satu juta guru ASN PPPK. Guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

“Semua ini membuat saya percaya bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan. Sebaliknya, peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia,” ujar Makarim.

Selanjutnya, Pj. Bupati Jemmy Kumendong saat membaca sambutan Ketua Umum Korpri mengatakan bahwa, momentum Hut ke-52, dirinya mengajak menjadikan sebagai upaya untuk meneguhkan Korpri sebagai penguat NKRI dan pelindung ASN.

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Korpri dan seluruh ASN atas semua program yang bermanfaat ke masyarakat luas. Semua program tersebut tentunya tidak akan terlaksana dengan baik tanpa kerja-kerja yang optimal dari seluruh ASN,” katanya.

Ketum menyebut, dari keberhasilan Indonesia melewati Pandemi Covid-19 dengan baik, sehingga dipuji khalayak internasional hingga program-program terobosan dan reformasi struktural yang telah berdampak positif kemasyarakat luas, adalah bagian dari kerja keras para ASN. Selain itu, peran aktif para ASN anggota Korpri dalam mengendalikan inflasi dan penanganan stunting sangatlah besar.

“Inflasi terus kita kendalikan dan stunting secara bertahap dapat kita turunkan dan insya allah tahun 2024 sudah sesuai target dapat mencapai 14% atau bahkan kurang dari itu. Sekali lagi perkenankan saya mengapresiasi dan berterima kasih atas dedikasi dan pengabdian 4,4 juta para ASN dan seluruh keluarga besar Korpri,” ucapnya.

Ketum Korpri juga menyinggung soal netralitas ASN saat menghadapi pemilu dan pilkada 2024. Dimana, dua event besar ini selalu dikaitkan dengan netralitas ASN dan Korpri. Dan ini merupakan proses demokratisasi terbesar di dunia yang harus disukseskan bersama.

“Saya percaya bahwa Korpri sebagai organisasi yang sudah berkali-kali menghadapi pilpres dan pilkada, sudah sangat paham dan terlatih untuk tetap berada dalam posisi netral dan tegak lurus dengan Negara, Pancasila dan UUD 1945,” tandasnya.

Diakhir upacara, Pj Bupati Jemmy Kumendong menyerahkan sertifikat apresiasi kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan kategori inovatif tahun 2023, yang dihadiri perwakilan Forkopimda, Sekda Dr. Lynda Watania, MM, M.Si, para asisten, kepala-kepala OPD, para guru, serta jajaran Pemkab Minahasa. (*/Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.