Pemkab Minut Terima Bantuan 350 Juta Dari BNPB Pasca Banjir

oleh -254 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Cuaca ekstrem melanda Kabupaten Minahasa Utara.

Intensitas curah hujan yang besar membuat sejumlah Desa harus terdampak banjir.

Peristiwa tersebut mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut).

Tak hanya itu, Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan perhatian yang sama.

Terbukti ketika, Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Bambang Surya Putra dan Kasub Direktorat Dukungan Pengerahan SDM Andria Tuferyzal didampingi Kepala BPBD Sulut Joy Oroh
bertandang ke kantor Bupati Minut, Senin 30 Januari 2023.

Kunjungannya tersebut, guna melakukan koordinasi bersama Pemkab Minut.

Kedatangan disambut oleh Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung.

Dalam kunjungan itu BNPB memberikan bantuan operasional sebesar Rp. 200 juta dan logistik Rp. 100 Juta.

“Untuk mempercepat penanganan pasca bencana, BNPB memberikan bantuan berupa uang 250 juta untuk operasional dan 100 juta untuk logistik. BNPB juga memberikan dukungan pendampingan manajemen pelaksanaan penanganan bencana sehingga dapat dilaksanakan dengan cepat akuntable dan terkoordinasi dengan baik,” jelas Bambang.

Selain itu, lanjut Bambang, karena Minut oleh pemerintah pusat telah ditetapkan sebagai Daerah Pariwisata Super Prioritas(DPSP), maka BNPB akan segera melakukan penguatan-penguatan berupa pembentukan Desa Tangguh Bencana dan daerah pariwisata siap bencana. Dimana disana akan ditempatkan semacam alat pendeteksi bencana lengkap dengan peralatan peringatan bencana. Akan disediakan juga kantor pusat pengendalian bencana.

“Kami juga akan membangun dan mengopersikan kantor pusat pengendalian bencana dimana pengaplikasiannya akan dikerjakan oleh operator yang menguasai minimal dua bahasa asing yaitu bahasa inggris dan mandarin. Hal ini untuk pelayanan prima bagi wisatawan asing yang memerlukan informasi terkait bencana. Karena biasanya daerah-daerah wisata adalah daerah rawan bencana. Juga kepada warga nantinya bisa menerima edukasi terkait antisipasi dan penanganan bencana alam,” terang Bambang yang menyatakan turut prihatin dan berudukacita terhadap kejadian bencana alam di Sulut khususnya Minut.

Terpisah, Bupati Joune Ganda berterima kasih atas perhatian serius pemerintah pusat melalui BNPB yang sudah memberikan bantuan kepada warga Minut pasca bencana.

“Terima kasih kami sampaikan kepada BNPB dan BPBD Provinsi yang sudah memberikan bantuan sekaligus pendampingan penanganan bencana di Minut. Memang Minut memiliki peta rawan bencana terutama daerah pesisir yang berpotensi tsunami,” ujar Joune Ganda didampingi Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung. (MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.