Penandatanganan MoU P3C NMN Dan KTNA Minahasa Disaksikan Bupati ROR

oleh -243 Dilihat

MINAHASA, swarakawanua.com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi, menyaksikan Penandatanganan Nota Kesepahaman MOU Perkumpulan Petani Pedagang Cabai Nusantara, (P3C-NMN) dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Minahasa. Jumat, (21/4/2023) di Desa Kopiwangker Kecamatan Langowan Barat

MoU ini ditandatangani oleh Ketua P3C -NMN, Ricky Lumingkewas S.Th dengan Ketua KTNA Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch. M. Roring Lumanauw, SIP. Bertempat di Perkebunan Tumangkokow

Kegiatan ini digelar dalam rangka pencapaian kabupaten Minahasa menjadi kabupaten sentra penghasil hortikultura cabai, mengambil peran meminimalisasi impor cabai serta membuka peluang ekspor cabai organik, memberi dampak positif bagi prospek hortikultura cabai.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa, mengatakan puji syukur kegiatan penandatanganan MOU ini bisa kita saksikan saat ini.

“Tentunya mari kita berkomitmen untuk mengatasi akan masalah import cabai dengan mengatasinya dengan mampu mengusahakannya, melalui program kita menanam cabai dengan memanfaatkan benih dari petani lokal yang ada, sehingga masalah cabai di Minahasa boleh teratasi, dengan juga kita mampu menjadi penghasil juga, “Kata Bupati Minahasa yang akarab disapa ROR, sembari memberikan Apresiasi akan kepada KTNA dan P3C-NMN, atas penandatanganan MOU ini.

Sementara itu Ketua P3C-NMN Sulut, Ricki Lumingkewas, S. Th, menyampaikan pelaksanaan agenda mou antara, merupakan peran serta Bupati dan Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Maksud asosiasi dan KTNA melakukan MOU agar petani rica bisa tertata dengan baik begitu juga dengan harga. Sehingga ada keterkaitan antara petani dan pedagang. Yang juga sasarannya Kabupaten Minahasa menjadi Sentra cabay di sulut. Untuk mengarah ke demikian maka ada langka kongkrit, diawali dengan mou disaat ini. Hal ini guna meminimalisasi import cabai. Agar petani dan pedagang di Minahasa bisa mengambil peran. Sebagai contoh benih-benih unggulan baru yang merupakan benih lokal yang dikembangkan petani di Minahasa, yang merupakan pegiat hortikultura, “Terang Lumingkewas.

Kegiatan ini, dilanjutkan dengan penyerahan simbolis bibit cabai kepada petani cabai dan kepada organisasi kemasyarakatan, oleh
Ketua KTNA Dra Fenny Ch. M. Roring Lumanauw, SIP, dan Bupati Minahasa. Juga penanam bibit cabai.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa, Reviva Maringka, Asisten III Bidang Administrasi Umum Dr. Vicky C. H. Tanor, Kadis Kominfo Maya Kainde SH MAP, Jajaran Pejabat Pemkab Minahasa, Camat Langowan Barat Ir Sisca Maseo, Kabag Kerjasama Setdakab Minahasa Ir Ritha R. l Lapian, Ketua KTNA Langowan Barat Jekry Akob Tambariki, Camat Langowan Raya serta Hukum tua se-Langowan Barat lainnya. (*/Win)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.