Penentuan Harga Pokok “Dodol Kenari”

oleh -312 Dilihat

Penulis Anita Ludia Vivian Wauran dan Treesje C.A Langi

 Sulut,Swarakawanua.comLatar Belakang Harga pokok produksi merupakan biaya produksi yang terserap ke dalam setiap unit yang dihasilkan Perusahaan. Dimana biaya produksi memiliki 3 unsur biaya, yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Harga Pokok produksi sangat berpengaruh dalam perhitungan laba rugi Perusahaan, apabila Perusahaan kurang teliti atau salah dalam menentukan harga pokok produksi, mengakibatkan kesalahan dalam penentuan laba rugi yang akan diperoleh Perusahaan. Mengingat arti pentingnya harga pokok produksi maka informasi harga pokok produksi sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan khususnya dalam menentukan harga jual.

Usaha Mikro Monicha merupakan pelaku usaha yang bergerak dalam pengolahan makanan ringan menjadi produk dodol kenari. Dimana proses produksi/ pembuatannya masih menggunkan cara tradisional dengan menggunakan kayu bakar, tungku pengapian, wajan, dan pelengkapan penunjang lainnya dalam menggolah produk sehingga menjadi dodol kenari. Makanan dodol merupakan makanan ciri khas orang minahasa yang sering dijadikan oleh oleh makanan ringan yang sering dicari orang – orang Minahasa dan Sulawesi Utara Umumnya, serta para wisatawan yang datang ke Daerah Sulawesi utara.

Dalam menentukan Harga Pokok Dodol Kenari akan menggunakan metode Full Costing dengan memasukan semua unsur biaya produksi yang terjadi dalam proses pembuatan produk dodol kenari.

 

Pembahasan, Perhitungan Harga Pokok Produksi Metode penentuan harga pokok produksi dengan metode full costing memasukan semua biya dengan menggilongkan ke dalam biaya produksi seperti biaya bahan baku, biaya tenaga – tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik baik yang berprilaku tetap maupun variable. Adapun biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi dan menjual Dodol kenari adalaha, biaya pembelian kacang kenari,gula aren, gula putih, tepungberas, kelapa muda, plastik pembungkus, woka, packing, kayu bakar, Listrik dan biaya penunjang lainnya serta biaya gaji.

Bahan Baku yang menjadi Biaya bahan baku dari produk dodol kenari adalah biaya kacang kacang kenari, biaya gula aren, biaya gula putih, biaya kelapa muda.

Biaya Tenaga Kerja Langsung yang menjadi biaya tenaga langsung adalah upah/gaji yang dibayarkan kepada pekerja yang membantu proses pembuatan dodol kenari.

Biaya Overhead Pabrik adalah semua biaya yang dikeluarkan selain biaya bahan baku dan biaya tenagakerja langsung diatas.

Proses produksi/pembuatan dodol kenari dalam sekali produksi menghasilkan 500 Unit/produk :

Biaya Bahan Baku

Jenis Bahan Baku

Jumlah Biaya ( Rp)

Kacang Kenari

2.400.000

Gula merah

960.000

Gula putih

2.900.000

Tepung Ketan

960.000

Kelapa

750.000

Jumlah

7.970.000

Sumber : data olahan,2024

Biaya Tenaga Kerja

Sekali produksi membutuhkan 2 orang tenaga kerja dengan upah/gaji Rp 200.000,-/orang Total Rp 400.000,-

Biaya Overhead Pabrik

Jenis Biaya

Jumlah Biaya ( Rp)

Kayu Bakar

150.000

Woka

650.000

Plastic dll

400.000

Listrik

50.000

Jumlah

1.250.00

Sehingga dari hasil perhitungan tersebut didapat biaya produksi utuk 500 unit/produk dodok kenari  dalam bentuk kemasan  adalah sebesar biaya produksi Bahan Baku Rp 7.970.000, Biaya Tenaga Kerja Rp 400.000,- dan biaya overhead pabrik Rp 1.250.00 dengan Total Biaya Produksi adalah Rp 9.620.000.- . Sehingga Harga Pokok Dodol Kenari per kemasan adalah sebesar Rp 19.240,- yang didapat dari Total Biaya Produksi/ Total Unit produk yang dihasilkan yaitu Rp 7.970.000/ 500 kemasan.

Kesimpulan dengan harga jual sebesar Rp 25.000/kemasan  maka umkm Monicha menjual diatas harga pokok produk, sehingga menghasilkan laba kotor sebesar Rp 5.760/ kemasan, dengan margin keuntungan sebesar hampi 30%.

Daftar Pustaka Agus Purwaji,wibowo “akuntansi Biaya”2016 edisi 2 salemba Empat Jakarta. Bintang Komara “Analisis Penentuan harga pokok produk dengan mentode full costing sebgai dasar penentuan harga jual, jurnal berkala Vol 5 edisi okt 2016 jal 18-19.Supriyono,2011 “akuntansi biaya pengumpulan biaya dan penentuan harga pokok” Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.