Penerima BPNT Mitra Bertambah Jadi 9371

oleh -287 Dilihat
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mitra Frangky Wowor S.Sos.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mitra Frangky Wowor S.Sos.

MITRA, Swarakawanua.com– Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dulunya penerima Sembako di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), bertambah sekitar 9.371 KPM.

Menurut Kepala Dinas Sosial Franky Wowor, S.Sos disaat ditemui awak media, Kamis 21 Oktober 2021, bertempat di ruang kerja mengatakan, bagi para penerima BPNT mengalami kenaikan. Dimana yang dulunya BPNT berjumlah 4.799, mulai Juli sampai dengan September terjadi kenaikan kuota penerima menjadi 4.572 di setiap KPM.

“Penerima ini, bukan karena akibat Pandemi Covid-19. Ketambahan tersebut diambil dari kementerian langsung dengan datanya diambil disetiap Desa,” ujar Wowor.

Ditambahkannya, kuota penerima BPNT dikhususkan bagi para KPM yang belum menerima bantuan.

“Namun bagi para KPM yang nantinya akan menerima, adapun syarat harus dipenuhi yaitu harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS),” pungkasnya.

Adapun mekanisme pendaftaran bagi KPM, harus melalui aparat pemerintah setempat, dalam hal ini pihak pemerintah Desa.

“Senin pekan depan sebanyak 4572 KPM baru akan ditambahkan lewat teransaksi, karena pada hari itu jadwal pembagian KKS merrka. Sekaligus pembukaan rekening baru,” ucapnya.

Dirinya menambahkan bahwa pada proses pemberian KKS, para KPM juga mengisi formulir buku tabungan. Sementara usai KPM memiliki KKS dan membuka rekening maka saldo langsung masuk ke KKS.

“Uang yang masuk terhitung dari Juli hingga September atau tiga bulan, dengan total sebanyak Rp600 ribu yang siap digunakan untuk bertransaksi,” tuturnya.

Demikian juga terkait persoalan saldo penerima BPNT yang diblokir sebelumnya juga akan dibuka kembali untuk bisa dicairkan dalam tiga bulan tersebut.

“Untuk program sembako ini terdiri dari pengambilan bahan makanan yang berbentuk protein, baik beras, telur, kacang, ikan, dan buah-buahan,” jelasnya.

Lanjut dikatakannya, menurut informasi dari menteri maka dana atau saldo yang masuk tersebut bisa diambil dalam bentuk uang atau secara tunai.

“Tapi untuk pelaksanaan tergantung pihak Bank Mandiri. Sebab kami hanya mengumumkan jadwal penerimaan KKS dan pembukaan rekening,” katanya

Pihaknya merasa bersyukur karena Kabupaten Mitra bisa ada penambahan kuota penerima untuk bantuan BPNT tersebut.

“Makanya kami berharap bantuan ini dimanfaatkan sebaik mungkin. Jika nanti bisa tarik tunai, kami harap jangan dipergunakan untuk hal yang tidak bermanfaat, seperti beli pulsa,” tutupnya. (CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.