Percepatan Penerbitan Sertifikat Tanah Pemerintah, Praseno Hadi: Sudah 154 Sertifikat Pemprov Diterbitkan BPN Sulut Sejak 2019

oleh -259 Dilihat

 

MANADO, Swarakawanua.com– Pj Sekprov Sulut Dr Praseno Hadi mengapresiasi Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulut yang telah membantu Pemprov Sulut dalam hal pembuatan sertifikat untuk melegitimasi aset pemerintah yang ada.

Hal ini dikatakan Sekprov saat
membuka pelaksanaan Rapat Koordinasi Pembahasan Terkait Tahapan Percepatan Penerbitan Sertifikat Atas Tanah Milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Senin  6 Juni 2022, di ruang F.J Tumbelaka kantor gubernur.
“Berarti sampai saat ini sudah 154 Sertifikat Pemprov yang dibantu untuk diterbitkan oleh BPN Sulut sejak tahun 2019. Kita berharap target 190 sisanya untuk tahun ini 100 Sertifikat dapat juga dirampungkan,” ungkap Sekprov Praseno Hadi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) ini dihadiri  Kakanwil BPN Sulut Lutfi Zakaria serta Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulut  Femmy Suluh.

Kepala BPN Sulut Lutfi Zakaria dalam sambutannya menyampaikan, BPN Sulut  saat ini sedang mengintensifkan kepemilikan aset yang ada baik itu milik dari Pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah daerah. “Bapak Menteri juga begitu concern dengan hal ini sehingga memberikan beberapa petunjuk yang harus dilaksanakan. Sebagaimana yang telah kita ketahui kalau bicara sertifikasi itu ada dua aspek yang harus kita penuhi yaitu data yuridis dan data fisik, dan bicara masalah yuridis kalau tanah pemerintah adalah dokumen perolehan tanahnya dan untuk fisiknya tentu kondisi fisik di lapangan yaitu bagaimana dengan melihat batas-batas tanahnya, apakah dikuasai? Nah ketika 2 hal itu terpenuhi sedianya Sertifikat itu dapat diproses,  maka itu dalam Sertifikat ada 2 bagian besar yaitu 1 di depan buku Sertifikatnya dan berikutnya adalah gambar ukurannya yang menunjukkan fisiknya,” terang Lutfi Zakaria.

Kepala BKAD Sulut Femmy Suluh pada kesempatan ini juga memberikan apresiasi bagi BPN Sulut karena selama ini kerjasama yang terjalin antara Pemprov Sulut dengan BPN yang ada di kabupaten/kota berjalan dengan baik. “Pada pelaksanaan Rakor Pemprov Sulut  bersama bupati/walikota yang dilaksanakan awal tahun ini Bapak Gubernur berkenan menyerahkan penghargaan kepada 3 Kepala Kantor BPN di kabupaten/kota yaitu di Talaud, Sangihe dan Minsel. Kita juga berharap ke depan bapak/ibu di kantor pertanahan yang ada kabupaten/kota untuk turut juga bersama-sama dan  sangat mengharapkan dapat membantu kami,” ujar Suluh.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.