Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Bupati Sebut Lawan Sesungguhnya Bangkit Dari Kemiskinan

oleh -439 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Tanggal 20 Mei selalu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau yang disebut juga dengan Harkitnas.

Hari Kebangkitan Nasional adalah sebuah momen di mana bangsa Indonesia pada tahun 1908 mulai membangkitkan semangat perjuangan untuk meraih kemerdekaan.

Hari ini kebangkitan semangat para pejuang telah memasuki 114 tahun.

Dalam memperingati hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar upacara dilapangan upacara Pemkab Minut.

Bupati Joune Ganda saat menjadi inspektur upacara menyampaikan,
upacara ini bukan sekedar dimaknai dengan seremonial saja.

Kata dia, memaknai esensi bagaiman sejarah Kebangkitan Nasional para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan perlu dipahami.

“Pada tanggal 20 Mei 1948 waktu itu Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai hari bangkunya nasionalisme Indonesia yang pada masa itu pula terdapat ancaman perpecahan golongan dan ideologi dalam mempertahankan kemerdekaan. Untuk itu saya berharap semangat para pejuang mampu menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan mencegah terjadi perpecahan bangsa,” kata Bupati.

Selain itu kata Bupati untuk saat ini momentum kebangkitan Nasional kita bukan lagi melawan penjajah. Namun menurut dia, lawan sesungguhnya adalah bangkit dari kemiskinan, kebodohan dan Ketertingalan.

“Itu lah lawan kita saat sesungguhnya. Selamat hari kebangkitan nasional tahun 2022. Mari bangkit kita bangsa yang tangguh,” tandas Bupati.

Sebagai tambahan, pada agenda ini juga mewakili Pemerintah Kabupaten Bupati memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya Kepada ASN yang telah mengabdi di Pemerintah Kabupaten Minut.

Turut hadir, Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulong, PJ Sekda Rivino Dondokambey, perjabat Esalon II dan III, para ASN, dan TNI serta Polri. (MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.