Print This Post Print This Post
Home / Advertorial / Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Jadi ‘Nafas’ Rangkaian Giat HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Performance ODSK Sangat Prima

Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Jadi ‘Nafas’ Rangkaian Giat HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Performance ODSK Sangat Prima

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat pengibaran bendera merah putih di HUT ke-77 RI, Rabu 17 Agustus2022.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com— Rangkaian kegiatan peringatan dan perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia sebelum hingga hari H, Rabu 17 Agustus 2022, cukup panjang.

 

Mengabadikan momentum kebersamaan di HUT ke-77 RI.(Foto: ist)

 

Mulai dari dua agenda besar pada 16 Agustus 2022 di ruang rapat paripurna DPRD Provinsi Sulut, yaitu Mendengarkan Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022, pada jam 10.00 pagi.

 

Mendengarkan Pidato Presiden RI pada Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas RUU Tentang APBN T.A. 2023 Beserta Nota Keuangannya dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023.(Foto: ist)

 

Selanjutnya, mendengarkan Pidato Presiden RI pada Penyampaian Keterangan Pemerintah Atas RUU Tentang APBN T.A. 2023 Beserta Nota Keuangannya dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023, pada pukul 14.00 Wita.
Hingga empat kali upacara pada tanggal 17 Agustus 2022, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sulut, Pj Sekprov Dr Praseno Hadi SEAk MM, serta jajaran pejabat Pemprov Sulut, tetap solid mengikuti rangkaian acara demi acara.

 

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Wakil Gubernur Steven OE Kandouw bersama dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS.(Foto: ist)

 

Pada 17 Agustus 2022 pagi, Gubernur Dondokambey menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, di lapangan kantor gubernur.

Tak selang berapa lama, Gubernur dan jajaran Forkopimda bergerak ke Wisma Negara Bumi Beringin Manado, untuk mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI (secara virtual) pada pukul 11.00 Wita, yang berlangsung di Istana Negara dipimpin Presiden RI Joko Widodo.
.

Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan dan, Wagub Sulut Drs Steven OE Kandouw, dan dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS mengikuti upacara Penurunan Bendera.(Foto: ist)

Hanya beberapa jam kemudian, ada dua agenda lagi yakni, pada 16.30 Wita digelar Upacara Serenade/Penurunan Bendera, di lapangan kantor gubernur dengan Gubernur Dondokambey sebagai Irup. Gubernur pun tetap berdiri, sejak upacara dimulai pada pukul 16.40 Wita hingga berakhir pada pukul 17.08 Wita.

 

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Steven OE Kandouw saat mengikuti upacara Penurunan Bendera secara virtual yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo.(Foto: ist)

 

Begitu selesai upacara, kembali Gubernur dan rombongan pejabat menuju Wisma Negara Bumi Beringin Manado, untuk mengikuti secara virtual Upacara Serenade/Penurunan Bendera tingkat nasional.

Sebelumnya, beberapa rangkaian kegiatan didelegasikan Gubernur Dondokambey kepada Wagub Kandouw maupun Pj Sekprov Praseno Hadi.

 

Pengukuhan Paskibraka Provinsi Sulut Tahun 2022, Senin 15 Agustus 2022, di lapangan upacara kantor gubernur.(Foto: ist)

 

Pada Senin 15 Agustus 2022, Wagub Kandouw telah memimpin acara Pengukuhan Paskibraka yang bertugas untuk pengibaran bendera maupun penurunan bendera merah putih pada upacara 17 Agustus 2022.

 

Wagub Sulut Steven OE Kandouw memimpin apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kairagi, Manado, 17 Agustus pukul 00.00 Wita.(Foto: ist)

 

Pada 17 Agustus 2022 pukul 00.00 Wita, Wagub menjadi Irup pada upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado.

 

Penyerahan SK Remisi Bagi Napi di Lapas Manado oleh Gubernur yang diwakili Sekprov Sulut Praseno Hadi.(Foto: ist)

 

Dan pada 17 Agustus 2022 pukul 06.30 pagi, Gubernur mendelegasikan Pj Sekprov Sulut Prasedo Hadi menghadiri Upacara Pemberian Remisi Umum kepada Narapidana dan Anak Pidana, yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Lapas Kelas IIA Manado. Kegiatan ini sudah menjadi agenda tetap dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI, setiap Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Peringatan dan perayaan HUT Kemerdekaan RI pada tahun ke-77 ini, di saat bangsa dan Negara RI masih dalam pemulihan pasca pandemi Covid-19, dilaksanakan secara terbatas, baik peserta upacara maupun tamu dan undangan.

 

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE.(Foto: ist)

 

Secara khusus, Gubernur Dondokambey saat diwawancara usai upacara pengibaran bendera merah putih, menyampaikan pesannya bagi seluruh rakyat di Sulawesi Utara. “Tetap jaga protokol kesehatan, dan mari kita sekaligus bersyukur karena meski di tengah pandemi Covid-19, ekonomi di Sulut mulai bangkit dari keterpurukan dan bertumbuh positif,” kata Gubernur kepada wartawan.

Kata Gubernur Dondokambey ini selaras dengan tema HUT ke-77 Kemerdekaan RI. “Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Tema itu ibarat ‘makan sayur pare, pahit dulu serta itu sedap’. Sama seperti saat pandemi. Awalnya pahit, banyak tantangan dan hambatan kita hadapi. Namun setelah kita lalui dengan perjuangan akhirnya ada nikmatnya. Kita bersyukur di usia RI ke–77, Sulut bangkit lebih kuat, pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan malah lebih,” ujarnya.

Menurut Gubernur lagi, momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini menjadi penyemangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bangkit dari keterpurukan untuk terus membangun menuju Indonesia yang semakin kuat di kawasan Asia. “Kita membangun dan bangkit lebih kuat, untuk menjadikan Indonesia jadi Macan Asia. Mari kita saling gotong royong. Tetap hidup sehat, bersama-sama memberantas Covid-19 dengan terus menerapkan protokol kesehatan, serta lebih banyak melakukan kegiatan kemasyarakat untuk membantu orang-orang yang membutuhkan,” kunci Gubernur Dondokambey lagi.(advkominfo)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *