Puskesmas Tinongko Lulus Akreditasi Dengan Predikat Utama

oleh -262 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Puskesmas Tinongko berada di Pulau Mantehage, Kecamatan Wori, Minahasa Utara (Minut).

Puskesmas Tinongko salah satu puskesmas yang termasuk dalam Daerah Terpencil Perbatasan Kepulauan (DTPK) di Sulut.

Namun berbicara pelayanan, Puskesmas Tinongko tak ada bedanya dengan puskesmas yang ada di kota besar. Mereka selalu memberikan yang terbaik.

Beberapa waktu yang lalu, Puskesmas Tinongko berhasil lulus akreditasi dengan predikat utama pada 17 Mei 2024.

Keberhasilan itu tak lepas dari tangan dingin salah satu dr terbaik di Indonesia yang tidak lain Kepala Puskesmas Tinongko Harrold Sepang.

Dikatakan Harrold, meski dengan segala keterbatasan dan lika-liku dilapangan, untunglah perjuangan kami tidak sia-sia.

“Kerja keras membuahkan hasil yang indah, melalui sertifikast nomor YM.02.01/D/40266/2024, Puskesmas Tinongko dinyatakan lulus akreditasi dengan predikat utama. Itu sebuah pencapaian yang luar biasa oleh seluruh pegawai puskesmas Tinongko,” ungkap Harrold.

Harrold bersyukur kepada Tuhan. ia berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara yang selalu mendukung mereka, serta pemerintah Kecamatan Wori dan Pemerintah Desa setempat dan LAFKI semasa penilaian berlangsung.

“Seluruh Pegawai Puskesmas Tinongko sudah memberikan totalitas yang terbaik demi peningkatan kualitas pelayanan, dan ini pastinya akan dinikmati bersama oleh seluruh warga di wilayah kerja kami. “ ungkap dokter teladan tingkat nasional tahun 2022 kategori Puskesmas, yang diketahui saat ini sedang menyelesaikan thesis magisternya di salah satu perguruan tinggi.

Harrold mengungkapkan, penyelenggaraan akreditasi puskesmas dilakukan melalui tahapan survei akreditasi dan penetapan akreditasi.

Dalam menyelenggarakan akreditasi dapat dilakukan pendampingan dan penilaian praakreditasi, dan puskesmas yang telah terakreditasi wajib mendapatkan pendampingan pascaakreditasi. Survei akreditasi dilakukan oleh surveyor akreditasi dari lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri.

Harrold membeberkan, Puskesmas Tinongko terletak di desa Mantehage III Tinongko, Puskesmas ini melayani 7 desa dengan 2 kepulauan yang terpisah yaitu Pulau Mantehage dan Pulau Nain.

Kata dia, perjuangan berat terkadang harus di hadapi petugas kesehatan yang bertugas di Puskesmas ini, terkadang untuk pergi bekerja harus dihadang cuaca laut yang ekstrim.

Bahkan untuk melayani posyandu rutin ke pulau seberang sering harus putar haluan kembali demi keselamatan jiwa mereka karena perahu dinas mereka dihantam badai.

“Keberanian, kemampuan dan semangat kami untuk melayani datang ketika mengingat mereka (masyarakat) yang sangat butuh sentuhan tenaga medis. Namun dibalik semua itu Tuhan selalu menolong kami,” pungkas Harrold.

Penulis: Mario Sumilat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.