Rapat Paripurna Dalam Rangka Serah Terima Jabatan PLH Kuhu, Kepada Bupati Dan Wakil Bupati JG-KWL, JG : Terima Kasih Telah Memberikan Kepercayaan Kepada Kami

oleh -208 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara menggelar Rapat Paripurna dalam Rangka Serah Terima Jabatan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Minahasa Utara Ir Jemmy H Kuhu, MA kepada Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Periode 2021-2024 Joune J E Ganda, SE dan Kevin William Lotulung, SH, MH yang berpusat di Hotel Sutan Raja Minut.

Kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan diikuti dengan mengheningkan cipta guna mengenang jasa para Pahlawan Pendiri Kabupaten Minahasa utara yang di Pimpin lKetua DPRD Minut Denny K Lolong, S.Sos, yang selanjutnya membuka Rapat Paripurna tersebut.

“Acara rapat paripurna hari ini adalah hajatan serah terima jabatan dari PLh Bupati Minut Ir Jemmy H Kuhu, MA kepada Bupati Joune J E Ganda, SE dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, SH, MH. Mensyukuri akan semua ini, saya mengajak kita semua pada hari ini dengan doa , agar rapat paripurna hari ini dapat berjalan baik,” kata Delon Sapaan Akrab Lolong, Jumat (26/2) sembari membuka secara resmi paripurna tersebut.

Selanjutnya Ketua DPRD membacakan Surat Keputusan (SK) Mendagri No. 131.71-374 Tahun 2021 tanggal 24 Februari tentang atas perubahan Peraturan Mendagri Nomor 131.71-294 Tahun 2021 tentang pengesahan pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota Pada Provinsi Sulawesi Utara pada hari ini dilaksanakan acara Pelantikan dan Pengambilan sumpah janji Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Periode 2021-2024 oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Graha Gubernuran Bumi Bringin .

Sementara Plh Bupati Minut Jemmy Kuhu dalam sambutannya mengatakan, hari ini adalah momentum berbahagia terutama bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa Utara yang telah sukses menggelar perhelatan Demokrasi di Tanah Minahasa Utara.

“Dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati oleh Gubernur Sulawesi Utara, maka berkenan dengan itu, saya (red, Kuhu) atas nama Pemerintah dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulut Bapak Olly Dondokambey, SE dan Kepada Bupati Joune J E Ganda, SE dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung, SH, MH. Momentum hari ini, adalah momentum untuk bersatu padu demi satu tujuan Minahasa Utara hebat, bersatu-padu guna menyatukan sinergi dalam pembangunan dan bagi Provinsi Sulawesi Utara yang bertambah hebat dikawasan Asia-Pasifik,” terang Kuhu.

Segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara lanjut Kuhu, siap mendukung dan mensukseskan Program Kerja, bupati dan wakil bupati Minahasa Utara Periode Tahun 2021-2024

“Harapan kita bersama, seluruh komponen masyarakat Kabupaten Minahasa Utara akan mendukung dan berpartisipasi aktif dalam pembangun daerah menuju kearah yang lebih baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama Bupati Joune Ganda mengatakan jika, hari ini adalah lembaran baru perjalan Minahasa Utara yang telah kita buka. Proses panjang pesta demokrasi untuk memilih Pemimpin Minahasa Utara telah berlangsung dengan aman dan sukses.

“Tidak sedikit energi yang kita curahkan, hinggah sampai pada momentum berbahagia ini. Hari ini tugas besar telah melekat dipundak kami berdua, tugas yang harus kami berdua pertanggungjawabkan kepada Tuhan dan kepada masyarakat,” kata Bupati JG

Lebih lanjut, sehubungan dengan itu, saya dan saudara wakil bupati harus menyampaikan kepada seluruh masyarakat kabupaten minahasa utara. Karena Pilkada Tahun 2020 dapat berlangsung dengan aman dan damai.

“Terima kasih karena telah memberikan kepercayaan kepada kami, untuk mengemban tanggungjawab sebagai bupati dan wakil bupati Kabupaten Minahasa Utara Lima tahun kedepan. Bahkan terima kasih juga kepada Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE yang telah melantik kami sebagai bupati dan wakil bupati minahasa utara, pesan dan wejangan Bapak Gubernur akan menjadi modal berharga dalam menjalankan Pemerintahan ditanah minahasa utara,” tuturnya.

Tak lupa kami menyampaikan terima kasih Walaupun tidak hadir saat ini kepada Ibu Vonnie Anneke Panambunan, STh dan Bapak Ir Joppy Lengkong, Msi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara Periode 2016-2021. Terima kasih pula kepada Bapak Pejabat Bupati Sementara Clay J H Dondokambey S.STP yang telah bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa utara sebagai penyelenggara dan kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Minahasa Utara yang telah berhasil mengawal sehingga dapat berlangsung dengan aman dan sukses dengan partisipasi diatas Nasional.

Terima kasih juga kepada Bapak Plh Bupati Minahasa Utara Ir Jemmy H Kuhu, MA beserta jajaran Forkopimda Polri dan TNI, Kejaksaan, Kepada Ketua Parpol dan Kepada Relawan serta Tim Pemenangan yang telah berjuang dengan hebat memenangkan Kontestasi Pilkada tanggal 9 Desember tahun 2020 yang lalu.

“Kemenangan ini, adalah kemenangan seluruh masyarakat Minahasa Utara, karena itu kami mengharapkan dukungan dan doa restu dari seluruh komponen masyarakat, agar kami dapat menjalankan tugas besar ini dengan baik. Perjuangan selanjutnya adalah menghadirkan persatuan untuk membangun minahasa utara, mari kita tinggalkan hiruk-pikuk perbedaan perdebatan, kita runtuhkan sekat-sekat yang menjadi penghalang antara komponen masyarakat, kita satukan energi yang sempat tercerai berai, menjadi sesuatu kekuatan yang baru guna mensejahterahkan masyarakat kabupaten minahasa utara,” tambahnya.

Ditambahkannya pula, kami menyadari sepenuhnya, banyak hal yang perlu diperbaiki untuk menunjukan bahwa pemerintah benar-benar hadir
ditengah-tengah masyarakat. Tentunya kami berkomitmen untuk melaksanakan pelayanan yang Prima, Cepat, Profesional, dan Berkeadilan. Mewujudkan republik yang prima, membutuhkan ikhtiar yang bergandeng tangan, memerlukan transformasi sistem, memerlukan tatakelola, membutuhkan mind set yang baik, dan membutuhkan budaya dedikasi yang luas dari budaya senang dilayani, menjadi budaya senang melayani.

“Model pelayanan yang selama ini masih terjebak pola prosedural, aklusmative, kita rubah menjadi pelayanan publik yanh mengandalkan terhadap kecepatan, inovasi dan berorientasi pada hasil. Ini yang harus kita lakukan sebagai hadirnya pemerintah ditengah-tengah masyarakat kabupaten minahasa utara. Pandemi Covid-19 memaksa penyelenggara pelayanan publik untuk bertransformasi dibutuh kan cara-cara tidak biasa, inovasi dan trobosan-trobosan agar terdapat pola pelayan yang cepat terdeteksi, masyarakat tidak hanya dilakukan penanganan yang cepat dibidang Kesehatan, tetapi juga mendapat bantuan yang cepat dari Pemerintah Kabupaten agar mereka bisa bertahan dan menjaga kualitas hidup,” terangnya.

Diakhir sambutan Bupati JG menegaskan, Semua gerakan pembangunan
membutuhkan sinergitas karena banyak hal yang harus kita kerjakan bersama demi mewujudkan kesatuan dan kesejahteraan berdasarkan iman gotong royong dan satu tujuan Minahasa Utara Hebat. Oleh karena itu pengambilan kebijakan harus bersifat kepada kepentingan Publik
Sebuah kearifan lokal Minahasa mengatakan “Si Tou Timou Tumou Tou” yang artinya Manusia Hidup Untuk Menghidupkan Manusia Lainnya, menjadi pengingat bagi kita semua untuk menjadi berkat, bagi sesama kita manusia, pengingat bagi setiap pemimpin untuk menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat yang dipimpinnya.

“Minahasa Utara adalah daerah yang diberkati dengan dan rentan dari kekayaan alam yang akan menjadi sia-sia apabila kita tidak mampu memanfaatkan potensi luar biasa yang kita miliki, oleh karena itu saya mengajak, kita sekalian bergandengan tangan, menyatukan tekad, semangat dan kemampuan kita untuk mewujudkan kesejahteraan minahasa utara yang kita cintai,” timpalnya.

Terpisah Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Biro (Karo) Umum Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Clay June Hendriek, Dondokambey S.STP MAP menyampaikan permohonan maaf Gubernur Sulut Olly Dondokambey tidak berkesempatan hadir karena masih dalam kesibukan tugas, dan mengutus saya ditempat ini.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, kembali saya sampaikan selamat bertugas kepada Bapak Joune J E Ganda, SE dan Bapak Kevin William Lotulung, SH, MH, dan juga kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Minahasa Utara Ibu Rizya Ganda Davega dan Wakik TP PKK Kristy Lotung Arina dan pada kesempatan ini juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Pelaksana Harian Bupati Minahasa Utara Ir Jemmy H Kuhu, MA yang telah mengemban tugas dan melaksanakan serah terima jabatan pada kesempatan ini,” terang Clay

Ditambahkannya, serah terima jabatan ini, kita ketahui bersama adalah suatu dinamika pengambilan tonggak kepemimpinan dalam
penyelenggaraan Pemerintahan yang tentu harus dimaknai sebagai releksi dan komitmen, serta dibarengi dengan upaya keberlangsungan pembangunan yang selama ini berlangsung diperjuangkan dan dilaksanakan seperti mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran.

“Kepada bupati dan wakil bupati minahasa utara agar kiranya dapat menunaikan amanah kerja dengan etos kerja dan totalitas pengabdian yang tinggi. Disamping itu tentu, diharapkan dapat melakukan trobosan-trobisan bermakna dan konstruktif lewat program kerja serta memanfaatkan potensi daerah yang tentunya mampu mengfungsikan,” pungkasnya. (Mario)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.