Sekda Mitra Buka Rakor Penyusunan Perdes, APBDes, RKPDes, Dan RPJMDes

oleh -284 Dilihat

20191113_221920_0000MITRA, Swarakawanua-Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Robby Ngongoloy, mewakili Bupati James Sumendap SH membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) penyusunan Perdes, APBDes, RKPDes, dan RPJMDes .

Kegiatan Rakor tersebut, Sekda Mitra Robby Ngongoloy mengatakan, Sekertaris Desa (Sekdes) sebagai motor pengerak di desa harus tahu semuanya. Diawali dari sisi anggaran, sistem personalitinya terutama dalam anggaran.

“Para Sekertaris Desa pun diharapkan, harus menguasai visi dan misinya. Harus juga menyatuhkan Visi dan Misi dari Bupati Mitra James Sumendap SH,”ujar Sekda Rabu 13 November 2019.

Para Sekdes di Kabupaten Minahasa Tenggara harus mengetahui sepenuhnya apa yang menjadi Program di desa, pengaggaranya. Paling prinsip yaitu, pelaksanaan dan pertanggung jawaban.

“Sekertaris Desa merupakan motor penggerak di desa, sekdes harus menguasai semuanya. Baik anggaran, ataupun program dan semuanya yang menyakut didesa, baru namanya motor,”pungkas Sekda.

Sama halnya dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakay dan Desa (PMD) Kabupaten Mitra Boyke Akay mengatakan, mempersiapkan aparatur yang betul-betul memahami administrasi desa. Dinas PMD Kabupaten Mitra melaksanakan Rakor penyusunan Perdes, APBDes, RKPDes, dan RPJMDes kepada seluruh Sekdes se-Kabupaten Mitra.

“Sekdes merupakan motor pengerak di desa, karena itu Sekdes harus memahami IT. Karena di ere milenial sekarang ini. Para sekdes wajib memahami dan mengetahui it, karena sekarang ini di Kabupaten Mitra seluruh anggarannya sudah memakai non tunai, jangan sampai ada kesalahan-kesalahan dalam penyusunan produk-produk hukum yang ada di desa masing-masing,”tuturnya.

Sedangkan para peserta sendiri yaitu, para Sekdes se-Kabupaten Mitra, sebagian Hukum Tua, serta para narasumber. (Cia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.