Sekda Mitra Membuka Secara Resmi Bimtek Penyusunan Dokumen RKPD Dan Renja PD

oleh -339 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), dalam hal ini, Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Mitra men gelar, Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusu nan dokumen RKPD dan Renja PD Kabupat en Mitra. Bertempat di Hotel Grand Puri Kota Manado, Rabu-Jumat 3-5 November 2021.

Dalam sambutan Bupati Mitra James Sumendap, SH, yang dibacakan Sekertaris Daerah (Sekda) Mitra David H Lalandos- Mumekh, AP, MM mengatakan, kegiatan Bimtek berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, sebagaimana beberapa kali di ubah terakhir, UU nomor 11 tahun 2020.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah agar menjadi doku men perencanaan yang berkualitas. Dianta ranya, pertama. Adanya konsistensi dalam subtansi RPJMD, bagaimana strategi untuk dapat mengakomodir, serta perumusan indikator kinerja, target sasaran yang tepat dan rasional,” ujar Lalandos.

Iapun menambahkan, adapun beberap masalah terkait dengan penyusunan perencanaan pembangunan daerah. Salah satunya yaitu, masih rendah pemahaman aparatur perencanaan pada PD tentang konsep dasar perencanaan pembangunan daerah.

“Saya berharap para peserta bimtek kali ini, harus memahami apa yang diberikan para narasumber. Sehingga nantinya melalui bimtek ini dapat membantu pembentukan satu kesamaan persepsi,” pungkas mantan Kabag Protokol tersebut.

Ditambahkannya, semakin meningkatnya pengetahuan kita akan menghasilkan dokumen perencanaan terutama RKPD dan Renja PD yang semakin berkualitas.

“Saya ingatkan kembali, bimtek kali ini merupakan bagian dari kesiapan penyusun an dokumen RKPD tahun 2023 dan Renja PD tahun 2023. Penyusunan dokumen ini sangat penting sekal,” tutup Lalandos.

Adapun yang menjadi narasumber dalam Bimtek tersebut yaitu, Wisnu Hidayat SE, MSi, Anang Indiawan Lastika Putra, S.Kom, MM, Aditya Cahya Ningrat, S.Kom,MM, para kepala Dinas se- Kabupaten Mitra.(CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.