Sekdaprov Steve Kepel Minta Layanan Kesehatan Maksimal Potensi PAD

oleh -151 Dilihat

 

MANADO, Swarakawanua.com – Sejumlah Rumah Sakit (RS) milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), belum berjalan maksimal. Olehnya, Finalisasi Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sulut tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dipercepat.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut Steve Kepel saat pembukaan Finalisasi Penyusunan Rancangan Perda Provinsi Sulut tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Selasa (23/5/2023) di Hotel Gran Puri Manado mengatakan potensi sektor kesehatan akan dimaksimalkan karena lima rumah sakit belum berjalan sesuai yang diharapkan.

“Ada rumah sakit belum berjalan maksimal sebagaimana diharapkan,” tegas Sekdaprov Kepel kepada awak media usai pembukaan.

RS milik Pemprov Sulut memang harus lebih ditingkatkan kinerjanya, termasuk dari sisi pendapatan.

“Apalagi makin banyaknya rumah sakit swasta yang tumbuh di Manado dan sekitarnya. Kita berinovasi, manfaatkan, kerjasamakan menjadi fasilitas rumah sakit agar benar menguntungkan daerah,” tukasnya.

Peningkatan retribusi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), lanjut Sekdaprov Kepel, berdampak pada pembangunan daerah.

“Ini semua berpengaruh ke fiskal daerah. Tulang punggung setelah Bapenda, layanan kesehatan. Paling penting layanan kesehatan,” tukasnya.

Saat memberikan sambutan, Sekdaprov Kepel mengatakan sebagai tulung punggung, PAD harus ditingkatkan.

“Pembangunan akan berjalan kalau ada belanja, belanja ada kalau ada pendapatan. Banyak pendapatan yang menjadi tulang punggung daerah. Yaitu pajak kendaraan bermotor, retribusi daerah dan lain-lain,” ungkap Kepel.

Ia juga meminta SKPD memanfaatkan penghasilan retribusi dari layanan kesehatan.

Karena layanan kesehatan ini penghasilan kedua terbesar.

“Bagaimana kita manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Karena ada Provinsi Sulut ada lima rumah sakit yang dibangun. Kalau tidak bergerak maju dari segi layanan maka tidak akan menghasilkan. Saya minta ini di endorse,” pinta Sekdaprov Kepel.

Kegiatan ini dihadiri, di antaranya Pelaksana Tugas Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulut June Silangen serta jajarannya.(mey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.