Seperti Ini Perjuangan Gubernur OD Bangkitkan Pariwisata Pasca Pandemi

oleh -752 Dilihat

 

MANADO, Swarakawanua.com– Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE (OD) menggagas event internasional di Sulut bertajuk Likupang North Sulawesi International Fishing Competition memperebutkan Piala Presiden.

Gubernur Olly sebelum bertemu dengan ketiga Menteri telah menyurati dan baru tanggal 22-23 Juni 2022 Gubernur berkunjung langsung menemui ketiga menteri di ruang kerja masing-masing.

Ketiga menteri yang dijumpai Gubernur Olly adalah Menko Marves (Maritim dan Investasi) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono serta Menteri Negara BUMN Erick Tohir.

Alhasil, ketiganya saat ditemui langsung menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan spektakuler ‘Event Mancing Internasional’.

Presiden RI Joko Widodo saat meninjau langsung KEK Tanjung Pulisan di Likupang Kabupaten Minahasa Utara.(Foto” ist)

Rencananya event ini akan dilaksanakan pekan kedua Bulan September, di dua lokasi yakni di Likupang dan Manado.

Salah satu event yang sudah digelar di Likupang yaitu Duathlon Likupang dengan konsep olahraga bersepeda dengan jarak tempuh 46 km dan berlari dengan jarak 3 km melewati 18 desa di KEK Pariwisata Likupang, Sabtu 3 April 2021 silam.(Foto: ist)

 

Roadshow Gubernur OD ketika menemui ketiga menteri tersebut saat itu, didampingi Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara James Sumendap, Wakil Ketua Panitia acara yang juga Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor dan sekretaris panitia Michael Umbas.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Sarana Hunian Pariwisata di KSPN Likupang, Jumat 17 Juli 2020 silam (Foto: hbm)

Ketiga menteri saat ditemui pun langsung menyatakan antusiasme sekaligus mendukung penuh pelaksanaan kegiatan spektakuler itu.

Peninjauan di KEK Tanjung Pulisan di Likupang Kabupaten Minahasa Utara saat kunjungan Presiden Jokowi beberapa tahun lalu.(Foto: ist)

Gubernur sebelumnya telah menyampaikan surat untuk Menko Luhut melalui Menteri Kelautan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono terkait dukungan terhadap event pariwisata di Bumi Nyiur Melambai.

Menurut Olly Dondokambey dalam surat tersebut, pariwisata merupakan salah satu sektor yang paling terpukul pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno saat main kolintang bersama Bupati Minut Joune Ganda dan Wakil Bupati Minut Kevin William Lotulung di lokasi KEK Pariwisata Likupang di Desa Pulisan, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minut, Sabtu 6 Maret 2021.(Foto: ist)

Aspek yang paling terlihat adalah turunnya jumlah wisatawan mancanegara ke berbagai destinasi wisata di Indonesia yang berakibat pula pada turunnya pendapatan negara.

Dalam surat itu, ,Gubernur berharap melalui Likupang North Sulawesi International Fishing Competition dapat membantu meningkatkan kunjungan pariwisata dan juga meningkatkan pendapatan daerah, hingga menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal.

Terlebih dengan keikutsertaan tidak kurang dari 500 peserta (pemancing) skala nasional dan internasional,

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wagub Sulut Steven Kandouw usai menyalurkan bantuan bagi warga di Pulau Mantehage dan Naen, meninjau lokasi pariwisata Pasir Timbul yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan. Kedua pemimpin ini optimis ,semakin kompak dan komit kita menjalankan social dan phsycal distancing, akan semakin cepat rantai Covid 19 ini putus, Paser Timbul akan ramai kembali.(Foto: ist)

Agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan dapat memberikan dampak positif bagi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara serta Pemerintah Indonesia,” tulis Gubernur dalam surat tersebut.

Terungkap juga dalam surat kepada Menteri Luhut, dirinya optimistis kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi Kementerian terkait untuk ikut bersinergi membantu mengembangkan pariwisata dan perekonomian di daerah.

Bahkan bisa juga sebagai sarana dalam menyampaikan dan melaksanakan program-programnya. “Luar biasa komitmen kuat pak Gubernur Olly Dondokambey dalam memajukan masyarakat dan provinsi tercinta. Gubernur Olly terus melakukan berbagai inovasi termasuk menggagas kembali event internasional di Sulut.(adv/kominfo)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.