Serahkan Bantuan, JG-KWL Bakal Berikan Subsidi Bagi Para Petani

oleh -116 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara terus berupaya untuk  mendukung peningkatan produksi pertanian.  Salah satunya dengan memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), Jumat (05/07/2024) di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan yang diserahkan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung. 

“Bersama Pak Wabup, kami menyerahkan bantuan pemerintah melalui dana APBN. Bantuan berupa traktor roda 4 sebanyak lima unit, traktor roda 2 sebanyak 10 unit dan pompa air sebanyak 5 unit,” ujar Bupati.

Bantuan ini menurutnya sebagai upaya pemerintah dalam Perluas Areal Tanam (PAT). Sehingga mampu menjangkau semua potensi-potensi lahan yang saat ini belum bisa diolah karena keterbatasan alat dan mesin pertanian dan diterima oleh lembaga melayani jasa pemanfaatan Brigade alat dan mesin pertanian (Alsintan) dan selaku kelompok-kelompok tani.

Selain penyerahan bantuan Alsintan, kegiatan dilanjutkan dengan panen komoditi jagung. Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan terima kasih atas semangat dan upaya yang luar biasa dari para petani sebagai pahlawan pangan yang tidak pernah berhenti menjaga ketersediaan pangan khususnya di Kab. Minahasa Utara. 

“Seperti yang kita ketahui bahwa peran petani sangat sentral untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat terus tersedia di tengah kesulitan ketersediaan input-input produksi seperti benih, pupuk, alat dan mesin serta faktor iklim yang tidak menentu,” ungkap Bupati.

Ditempat yang sama, Ketua kelompok tani asal desa Tumaluntung Herman Pangemanan mengeluhkan terkait sewa alat pertanian dimana harga sewa alat terlebih Traktor sangat memberatkan para kelompok Tani.

“hitungan perjam sewa Traktor sekarang ini Rp. 275.000,- dan rotarinya perjam dapat memakan biaya sebesar Rp. 300.000,” keluh Pangemanan.

Mendengar hal tersebut Joune Ganda mengungkapkan akan memberikn subsidi terhadap bahan bakar dan operator Traktor untuk membantu para petani terlebih kepada kelompok – kelompok Tani yang ada di Minut.

Tak sampai disitu, selain memberikan bantuan dan subsidi, Pemkab Minut juga menyodorkan pasar murah bagi warga Tumaluntung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten II Allan Mingkid, Kepala Dinas Pertanian Wangke Karundeng dan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Robby Parengkuan.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.