Siapkan Lab, Tambah Ruang Isolasi di RS, dan Langkah Lainnya Diambil Gubernur Olly Dalam Antisipasi Covid-19

oleh -224 Dilihat
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Edwin Silangen memimpin rapat koordinasi, Sabtu 14 Maret 2020 malam, di kantor gubernur.(Foto:ist)
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Edwin Silangen memimpin rapat koordinasi, Sabtu 14 Maret 2020 malam, di kantor gubernur.(Foto:ist)
Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wagub Steven Kandouw dan Sekprov Edwin Silangen memimpin rapat koordinasi, Sabtu 14 Maret 2020 malam, di kantor gubernur.(Foto:ist)

 

MANADO, Swarakawanua–Gubernur Sulut Olly Dondokambey memimpin rapat koordinasi dengan jajaran terkait dalam penanganan Covid-19. Rapat digelar di kantor gubernur, Sabtu 14 Maret 2020 malam. “Menyikapi penanganan virus Covid-19 maka langkah yang kami lakukan untuk saat ini adalah,
Pemerintah menyiapkan dana siap dipakai dan bisa langsung dimanfaatkan untuk penanganan,” kata Gubernur Olly terkait hasil rapat malam itu.
Kedua, Pemerintah akan menyiapkan laboratorium daerah untuk pemeriksaan kasus suspect Corona untuk mempercepat diagnosa sehingga bisa diambil tindakan cepat untuk penanganan. “Pemerintah juga akan menambah ruang isolasi di RS dan menyiapkan rumah singgah,” sambungnya dalam rapat yang turut dihadiri Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, dan Dirut RSUP Prof RD Kandou, Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD.

 

Screenshot_20200315-180645~2
Gubernur kemudian Kepada seluruh bupati dan walikota agar mengimbau warganya untuk tidak panik serta mengedukasi masyarakat terkait virus Covid-19. “Mari kita, sama-sama segenap masyarakat Sulut di manapun berada, kita bersatu hati berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melindungi dan meluputkan kita dari wabah virus Corona yang sedang melanda dunia. Kita yakin dengan iman percaya, doa kita menjadi kekuatan untuk menjalani kehidupan di tengah-tengah situasi dan kondisi saat ini,” ajaknya.

Screenshot_20200315-075519~2
Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang, tidak panik dan tidak langsung terprovokasi dengan pemberitaan. “Harus dicek apakah benar atau hoax (berita bohong). Selain itu masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat menjaga imun tubuh, konsumsi makanan bergizi sayuran dan buah-buahan. Aktivitas keramaian atau kegiatan di luar rumah yang tidak perlu supaya dikurangi dulu sembari menjaga pola hidup sehat di rumah dan lingkungan sekitar. Tuhan Menjaga dan Melindungi Torang Samua,” ujar Gubernur.

Screenshot_20200315-175826~2
Selain itu, Minggu 15 Maret 2020, Gubernur mengeluarkan instruksi dalam mengantisipasi penyebaran virus corona. “Semua satuan pendidikan SMA/MA/SMK/SMTK/SLB baik negeri dan swasta yang menjadi kewenangan Provinsi Sulawesi Utara diliburkan pada
tanggal 16-30 Maret 2020,” katanya.
Sementara pelaksanaan UNBJ tetap dilaksanakan sesuai jadwal, dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Dalam UNBK.
“Untuk SMK/SMTK kelas X, XI, SMA/MA kelas X, XI, XI, SLB kelas I sampai XII, tetap belajar efektif melalui kelas maya dalam aplikasi Rumah Belajar yang dikembangkan oleh Pusdatin Kemendikbud RI,” ujarnya sembari mengimbau kepala sekolah beserta guru agar menyosialisasikan instruksi ini kepada orang tua murid dan masyarakat.

Screenshot_20200315-175835~2
Tampak hadir dalam rapat antara lain Asisten I Pemprov Drs Edison Humiang, Kadis Kominfo dan Persandian Daerah Provinsi Christiano Talumepa SH MH, Kadis Kesehatan Daerah dr Debbie Kalalo MScPH dan jajaran, Karo Pemerintahan dan Otda Dr Jemmy Kumendong.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.