Status Tanggap Darurat Bencana Kota Manado Bakal Segera Dicabut

oleh -198 Dilihat
Kepala BPBD Kota Manado, Donald Sambuaga.
Kepala BPBD Kota Manado, Donald Sambuaga.

MANADO, Swarakawanua.com – Pemerintah Kota Manado bakal segera mencabut status tanggap darurat bencana.

Hal ini katakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado Donald Sambuaga disela-sela Rapat Koordinasi Penanggulangan Pasca Bencana Kota Manado di Posko Bencana, Kamis (09/02/23).

Menurut Sambuaga, rapat koordinasi yang menghadirkan Forkompimda Kota Manado membahas status bencana Kota Manado sesuai yang diperintahkan undang-undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

“Sesuai undang-undang setelah status tanggap darurat berakhir dilakukan rapat untuk membahas apakah akan terjadi penurunan status dari tanggap darurat ke Transisi Darurat ke Pemulihan Bencana,” ujar Sambuaga.

Telah disepakati dalam rapat koordinasi bahwa status bencana akan diturunkan ke Transisi Darurat Bencana ke Pemulihan dan hal ini akan segera di laporkan kepada Walikota untuk menetapkan status bencana tersebut.

“Hanya Pak Walikota yang bisa menetapkan penurunan status bencana,” tukasnya.

Ditambahkannya, dalam status transisi darurat bencana ke pemulihan akan dilakukan rehabilatasi dan rekonstruksi yang meliputi kegiatan pembersihan dan perbaikan serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Status tanggap darurat akan berakhir hari ini dan kita semua berharap Kota Manado akan cepat pulih dan semua korban banjir membantu bantuan sebagaimana mestinya,” pungkas Donald Sambuaga.(mey)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.