Sukses Digelar, Worshop Beri Wawasan dan Pengetahuan Tentang Koleksi Museum

oleh -1530 Dilihat

MANADO, Swarakawanua.com – Memberikan pemahanan tentang museum dan koleksi menjadi bagian penting dalam program OD-SK Lewat Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut, dengan sukses mengelar Workshop Koleksi Museum Jumat (08/12/2023).

Dikatakan Kadis Kebudayaan Daerah Sulut Janny Lukas melalui Kepala UPTD Taman Budaya dan Museum Drs Ferdy Tamarindang bahwa koleksi museum menjadi bagian penting dalam suatu daerah, karena sebagai suatu nilai sejarah dan memberikan ciri khas suatu daerah sehingga wajib dirawat dan dipelihara agar nilai tetap nampak.

Sementara itu, Staf Khusus Gubernur Edwin Kindangen yang hadir menyatakan bahwa secara umum budaya atau kebudayaan merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh bersama serta diwariskan dari generasi ke generasi.

Lanjut Kindangen, bahwa museum itu mempunyai peranan penting dengan koleksinya disemua negara karena memberikan informasi dan pengetahuan tentang benda benda bersejarah yang mampu memberikan pemahaman tentang sejarah dan nilai dari suatu koleksi yang memang harus dirawat dan dijaga.

Ditambahkan Tamarindang, koleksi museum ini di Sulut terus dijaga dan dirawat, termasuk bagi masyarakat yang memiliki koleksi sejarah dan ingin merawat sendiri tentunya bisa belajar agar benda-benda yang bersejarah dapat dikoleksi dengan baik.

Untuk diketahui, Sulawesi Utara Tahun 1974/1975 museum dikenal dengan nama Museum Persiapan Sulawesi Utara, dan resmi menjadi Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara melalui surat Keputusan Mendikbud Nomor 001 tahun 1991 tanggal 9 Januari 1991.

Ada beberapa Koleksi Museum yang ada di Museum diantaranya Rumah Adat Nusa Utara dahulu kala berbentuk empat persegi panjang tidak diberi petak-petak, di bagian dalam berupa kamar tetapi hanya*dibatasi oleh kain kofo yang disebut darlanse.(mey/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.