Tari Maengket Hiasi Perayaan HUT Desa Wusa Ke-112

oleh -637 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Pemerintah dan masyarakat Desa Wusa, Kecamatan Talawaan, menggelar Ibadah Syukur HUT Desa yang ke 112 tahun, Sabtu (9/9/2023) di Halaman Gereja GMIM Imanuel Wusa.

Sebelumnya, Ketua BPD Feybi Pangau mengkisahkan sejarah desa. Awalnya dikenal dengan sebutan Kampung Busa. Busa ini adalah bahasa daerah yang artinya Pisang.

Dijelaskannya, sebutan busa (pisang) ini dikarenakan saat itu kampung tersebut hampir marata akan tanaman pisang.

“Desa Wusa ini punya sejarah. Kata Wusa adalah penyempurnaan penyebutan dari kata Busa yang artinya pohon pisang. Pimpinan pertama desa yaitu Tunduan Tamani dikenal sebagai ketua adat,” terang Feybi.

Meski belum ada penetapan tanggal terbentuknya Desa Wusa, tapi telah disepakati Desa Wusa terbentuk pada tahun 1911, dan saat ini membilang usia yang ke 112 tahun dan memiliki 6 wilayah jaga.

Dalam ibadah bersama, terucap syukur dan ungkapan terimakasih melalui pujian dan doa kepada Tuhan.

Usai ibadah, Hukum Tua Desa Wusa dan Pemerintah Kabupaten Minut yang diwakili oleh Kadis PMD Fredryk Tulengkey,serta anggota DPRD yang hadir Yody Longdong dan Chintya Erkles, melakukan tiup lilin bersama.

Mewakili Bupati Minut, Kadis Fredry Tulungkey berkata, Desa punya peran yang membentuk paradigma yang baru dalam pembangunan desa. Memiliki peran strategis desa adalah pelopor pembangunan sangat menentukan kemajuan daerah.

“Pembangunan yang memajukan daerah tidak lepas dari peran strategis dari desa. Paradigma yang baru dalam memajukan daerah, desa yang merupakan pelopor pembangunan sangat menentukan kemajuan daerah dan bangsa,” ungkap Tulengkey membacakan sambutan Bupati.

Lanjutnya, syukur dan sukacita tidak mudah diraih. Ini tentunya membutuhkan kebersamaan yang disertai rasa simpati dan empati. Terlaksananya acara syukuran ini adalah bentuk kerjasama antara pemerintah dan masyarakat desa Wusa.

“Kebersamaan yang yang diwarnai dengan ucapan syukur seperti ini tidaklah mudah diraih. Tapi ini hal yang luar biasa ketika tercipta dan terlaksananya ibadah syukur bersama ini,” ujarnya.

Dia juga berpesan, momentum ini diharapkan dapat mempererat persatuan dan kesatuan, serta solidaritas

“Semoga momentum ini dapat mengeratkan persatuan kita semua. Akhirnya atas nama Pemerintah kabupaten Minahasa Utara, Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulong menyampaikan selamat ulang tahun bagi pemerintah dan masyarakat desa Wusa,” tandas Tulengkey.

Ditempat yang sama, Kumtua Desa Wusa,Lanny Tumbol mengatakan, untuk penetapan tanggal hari ulang tahun desa memang ada. Tapi berdasarkan kesepakatan bersama semua stakeholder kampung sudah sepakat jatuh bulan september.

Turut hadir, beberapa anggota DPRD Minut, Vonny Adel Rumimpunu (VAR), Yodi Longdong, Chintya Erklles, Bacaleg Noortje Tulenan, anggota DPRD Provinsi Sulut Melky Pangemanan, Anggota DPRD Papua Albert Bolang. (MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.