Tunjang Pelaksanaan Pemilu 2024, KPU Mitra Membuka Pendaftaran Anggota KPPS

oleh -338 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Demi menunjang Pelaksanaan Pemilu tahun 2024 nanti, Komisi Pemilihan Umum (Mitra) membuka Pendaftaran anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 akan dibuka pada 11 Desember 2023 mendatang. Yang terpilih nanti akan melaksanakan tugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari tahun depan.

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mulai melaksanakan bimbingan teknis kepada PPK dan PPS terkait tahapan, syarat dan jadwalnya.

Pelaksanaan bimtek tersebut sudah di mulai sejak Selasa hingga Rabu (5-6/12/2023) di dua tempat. Hari pertama di BPU Desa Buku Kecamatan Belang, dan hari kedua di BPU Desa Silian Barat Kecamatan Silian Raya.

Ketua KPU Mitra, Otnie Tamod dalam pengarahannya menyampaikan agar PPS fokus untuk 2 bulan terakhir menjelang pemilu 14 Februari 2024.

“Karena tahapan semakin padat. Apalagi tugas PPS semakin berat dengan persiapan pembentukan KPPS di bulan Desember sampai Januari, sementara banyak pekerjaan yang belum tuntas. Makanya PPS diminta persiapkan diri dengan baik, bekerja dengan penuh tanggungjawab dan menjaga marwah sebagai penyelenggara yang profesional dan berintegritas,” pesan Tamod.

Ia menambahkan, PPS untuk segera melakukan sosialisasi ke masyarakat, berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait perekrutan calon anggota KPPS.

“Karena KPPS ini merupakan ujung tombak pesta demokrasi pada 14 Februari mendatang. Makanya harus diseleksi dengan baik dan sesuai persyaratan. Karena kewenangan membentuk dan mengangkat KPPS ini ada di PPS,” tandasnya.

Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Lucky Mamahit mengharapkan, saat rekrutmen harus berpedoman pada perundangan yang berlaku dan jika ada kendala bisa koordinasi secara berjenjang.

“Pengumuman hingga pendaftaran anggota KPPS Pemilu 2024 mulai berlangsung pada 11 sampai 20 Desember 2023 dan tahapan penetapan anggota KPPS pada 24 Januari 2024,” terang Mamahit, saat memaparkan materi di kegiatan bimtek tersebut.(CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.