Unsrat Terakreditasi Unggul dari BAN-PT; Kaleidoskop Unsrat Sepanjang Bulan September-Desember 2021

oleh -218 Dilihat

 

MANADO, Swarakawanua.com— Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA sangat berbangga atas capaian Universitas Sam Ratulangi yang meningkat dari Akreditasi A menjadi Akreditasi Unggul oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sebanyak 12 program studi telah terakreditasi Unggul yaitu S1 Teknik Pertanian, S1 Biologi, S1 Peternakan, S1 perencanaan wilayah dan kota, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Budidaya Perairan, S1 Ilmu kelautan, S1 Ilmu perairan, S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, S1 Arsitektur dan S1 Teknologi Hasil Perikanan. “Mengakhiri masa kerja sebagai Rektor Unsrat selama 8 tahun (2 periode) dalam kerendahan hati saya menerima hal-hal ini sebagai anugerah,” ungkap Rektor saat wisuda terbatas. Rektor berharap, keberhasilan ini menjadi awal dan pintu gerbang bagi keberhasilan besar di masa-masa mendatang.

Di bawah ini, kaleidoskop Unsrat selama periode Bulan September hingga Desember 2021.

 

1 September 2021

Dies Natalis ke-60 Universitas Sam Ratulangi dihadiri Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, dan Ketua DPR RI Dr. (H. C) Puan Maharani turut hadir secara virtual. Berbagai capaian dan prestasi yang di raih oleh dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan telah membawa nama besar Unsrat semakin diperhitungkan di tingkat regional, nasional dan internasional.

Suasana perayaan Dies Natalis ke-60 Universitas Sam Ratulangi, Rabu 1 September 2021.(Foto: ist)

9 September 2021

MoU antara Universitas Sam Ratulangi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo tentang Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi

 

13 September 2021

Ibadah syukur hari ulang tahun ke-1 Laboratorium Biomolekular Universitas Sam Ratulangi.

 

5 Oktober 2021

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA menerima kunjungan silaturahmi Bupati Bolaang Mongondow Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow dan Bupati Bolaang Mongondow Timur Sam Sachrul Mamonto S. Sos.

 

12 Oktober 2021

Sosialisasi PP 94 Tahun 2021 tentang Disiplin PNS oleh Tim Biro SDM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

 

 

14 Oktober 2021

Monitoring dan Evaluasi Terpadu Proyek IsDB 7in1 di Universitas Sam Ratulangi.

 

 

19 Oktober 2021

Sosialisasi dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2021.

 

 

28 Oktober 2021

Berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 937/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/2021 tahun 2021, Universitas Sam Ratulangi Manado meraih akreditasi unggul. Unsrat Manado menjadi perguruan tinggi ke-13 di Indonesia dan PTN pertama di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang terakreditasi unggul dari BAN-PT. Suatu hal yang membanggakan selama 8 tahun kepemimpinan Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen. J. Kumaat, MSc. DEA.

 

1 November 2021

Penandatanganan MoU antara IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan Unsrat, tentang Rencana Penelitian Kolaborasi Berbasis Moderasi Beragama.

 

2 November 2021

Workshop Softskill bagi dosen/tenaga pendidik dihadiri Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA.  Rektor berpesan, tujuan workshop ini adalah pengembangan softskill untuk membentuk karakter dosen yang tangguh, cakap dan cerdas dalam menjalankan tugas.

 

3 November 2021

Kunjungan Konjen Australia dipimpin langsung oleh Konsul Jenderal Bronwyn Robbins, dalam rangka membahas peningkatan kerjasama yang ada antara Universitas Sam Ratulangi dengan Australia.

 

5 November 2021

Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA hadir dalam peresmian Wale Sam Ratulangi di tengah momentum peringatan HUT kelahiran Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi. Filsafatnya yang terkenal luas Si Tou Timou Tumou Tou telah menjiwai penyelenggaraan Tridharma di perguruan tinggi tercinta ini. Hadir juga cucu dari anak dari Sam Ratulangi, Thor Sutan Assin.

Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA meresmikan gedung Wale Sam Ratulangi, Jumat 5 November 2021.(Foto: ist)

10 November 2021

Upacara Peringatan Hari Pahlawan dihadiri Rektor Universitas Sam Ratulangi yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs. T. A. M. Ronny Gosal M.Si sebagai pembina upacara.

 

 

11 November 2021

Wisuda Universitas Sam Ratulangi  dihadiri langsung Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA. Dikatakan Rektor, ini adalah wisuda pertama yang dilakukan secara Luring Terbatas sejak bulan Maret 2020. Selanjutnya wisuda kali ini dilaksanakan bersamaan dengan datangnya kabar gembira bahwa Universitas Sam Ratulangi meningkat dari Akreditasi A menjadi Akreditasi Unggul. Sampai saat ini sebanyak 12 program studi telah terakreditasi Unggul yakni S1 Teknik Pertanian, S1 Biologi, S1 Peternakan, S1 perencanaan wilayah dan kota, S1 Manajemen, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Budidaya Perairan, S1 Ilmu kelautan, S1 Ilmu perairan, S1 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, S1 Arsitektur dan S1 Teknologi Hasil Perikanan. “Mengakhiri masa kerja sebagai Rektor Unsrat selama 8 tahun (2 periode) dalam kerendahan hati saya menerima hal-hal ini sebagai anugerah,” kata Rektor. Peserta yang diwisuda hari ini 1.198, secara daring 991 dan luring 207.

 

11 November 2021

Penandatanganan MoU antara Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan Universitas Sam Ratulangi dihadiri langsung Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA. Kerjasama ini merupakan perpanjangan dari MoU yang pernah ditandatangani pada 2015 yang juga ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri yang sudah berakhir 2020. Universitas Sam Ratulangi yang memperoleh status Akreditasi Klasifikasi Unggul dari BAN PT, tentu harus menunjukkan citra predikat itu dengan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi.

Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Mulyatno, S.H., M.M., diwakili oleh Wakapolda Brigjen Pol. Johnny Eddizon Isir.

 

12 November 2021

Regional Office Head Bank Tabungan Negara Teguh Wahyudi menyerahkan CSR Bank Tabungan Negara ke Unsrat yang diharapkan bisa meringankan beban hidup dari masyarakat-masyarakat yang memang terdampak Covid – 19. Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA mengatakan, penyerahan CSR ini dikaitkan dengan acara Natal Universitas Sam Ratulangi 2021, sebagai diakonia/bantuan kepada mereka yang terdampak Covid-19. CSR ini di berikan kepada mahasiswa yang ada di rusunawa, kepada sopir, honorer, satuan pengamanan dan petugas kebersihan.

BTN menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada pihak Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Jumat 12 November 2021. (Foto: ist)

 

12 November 2021

Kunjungan Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta ke Unsrat dalam rangka kunjungan kerja/Benchmarking pengembangan program studi Pendidikan Dokter dan travelling medicine.

 

16 November 2021

Sosialisasi Tata Cara Pelaksanaan Inventarisasi Barang Milik Negara di lingkungan Unsrat.

 

22 November 2021

Universitas Sam Ratulangi mendukung program kampus merdeka dengan kegiatan yang bersifat dunia usaha dan dunia industri. Kerjasama dengan Forever Ocean bergerak di bidang budidaya ikan laut. Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi akan dilibatkan dalam kerjasama ini untuk mendukung program kampus merdeka dunia usaha dan dunia industri.

 

22 November 2021

Kunjungan Silaturahmi Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol. Drs. Mulyatno S.H.,M.M

 

Senin, 29 November 2021

Seminar terkait Pendidikan Karakter dilaksanakan di Fakultas Teknik Unsrat. Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA mengatakan, kita memiliki tugas bersama untuk menyiapkan generasi emas 2045 saat ini. Karakter yang harus dibangun lewat pendidikan formal maupun non-formal adalah kejujuran, disiplin, kapabilitas memimpin, kolaborasi dan kerjasama tim, itulah yang harus disiapkan saat ini agar Indonesia makin tangguh.

Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Wanti Waranel F. Mamahit membawakan materi dengan tema ‘Memperkuat Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Bela Negara di Tengah Ancaman Global’.

 

3 Desember 2021

Peresmian Gedung Olahraga Tenis dan Basket Unsrat dihadiri Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dan Walikota Manado Andrei Angouw. Walikota berharap, tempat olahraga ini bisa bermanfaat bukan saja warga Unsrat tapi juga warga Kota Manado.

 

3 Desember 2021

Rektor Unsrat  Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA  menerima DIPA tahun 2022.

11 Desember 2021

Dalam rangka memperingati Natal Tahun 2021 Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan kompetisi Paduan Suara yang dilaksanakan 11-12 Desember 2021 di Auditorium Unsrat dihadiri langsung oleh Kepala BNN RI Komisaris Jenderal Polisi Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose dan Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA.

 

13 Desember 2021

Puncak Dies Natalis ke – 57 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Unsrat, di ruang paripurna DPRD Provinsi Sulut. Dies Natalis terselenggara dengan Ketua Panitia Melky J. Pangemanan S.IP. M.AP. M.Si. Rektor Universitas Sam Ratulangi Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA mengatakan, Dies Natalis ini sebenarnya merupakan check point atas capaian-capaian yang diperoleh Fispol.(gyp)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.