Vaksin Sinovac Covid-19 Tiba Di Mitra Dikawal Polri, Ratuliu: Vaksinasi Pertama Forkopimda Dan Tenaga Kesehatan

oleh -195 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Sebanyak 1500 vial vaksin Sinovac Covid-19 telah tiba di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), dengan diadakan pengawalan ketat oleh personil Brimob dan Polres Mitra. Nantinya penerima vaksin tersebut diawali oleh Forkopimda dan tenaga kesehatan. Jumat 29 Januari 2021, bertempat di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra dr. Helny Ratuliu kepada sejumlah awak media mengatakan, pada hari ini Kabupaten Mitra menerima 1500 vial vaksin sinovac, yang nantinya akan digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi bagi tahap pertama untuk forkopimda dan seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Saat ini vaksin Sinovac Covid-19 sendiri sudah berada di gudang penyimpanan kantor Dinas kesehatan, serta rencananya pada besok hari akan didistribusikan ke 13 setiap puskesmas dan dua rumah sakit yang ada di Kabupaten Mitra. Untuk pecanangan akan dilaksanakan di RSUD Mitra sehat, dan akan diawali oleh forkopimda dan tenaga kesehatan,” ujar Ratuliu.

Sedangkan kedatangan vaksin itu dikawal ketat oleh pihak kepolisian dari Brimob Polda Sulut. Vaksin tersebut diadakan serah terima barang Dinas Kesehatan Provinsi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten disaksikan langsung oleh Komandan Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulut. AKBP J.H. Sitorus, serta Kapolres Mitra AKBP Rudi Hartono.

“Pecanangan tahap pertama itu sendiri akan dilaksanakan pada hari Senin pekan depan, dan diawali oleh forkopimda dan tenaga kesehatan. Pada hari kedua, dilanjutkan di 13 UPTD Puskesmas untuk para tenaga kesehatan,” pungkasnya.

Adapun syarat bagi para penerima vaksin Sinovac Covid-19 yang nantinya akan menerima vaksinasi yaitu, harus ada tahap skrining dari tenaga kesehatan yang ada.

“Jadi yang pastinya, vaksin Sinovac Covid-19 ini diberikan kepada usia 18 sampai usia 58 tahun. Jika ada resiko penyakit seperti hipertensi, penyakit gula atau reaksi alergi berat, asma dalam serangan, ibu hamil, ibu menyesui, ataupun pengintas. Maka vaksinasi ditunda,” ucapnya.

Iapun menambahkan, pemberian vaksin Sinovac Covid-19 di Kabupaten Mitra akan diadakan III tahap diantaranya, tahap I oleh Forkopimda dan Tenaga Kesehatan, tahap II anggota TNI dan Polri, tahap ke III anggota masyarakat.

“Penerima vaksin Sinovac Covid-19 pertama kali di Kabupaten Minahasa Tenggara yaitu bapak Bupati James Sumendap SH,” tutupnya.

Sementara itu menurut Komandan Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Polda Sulut. AKBP J.H. Sitorus disaat ditemui awak media mengatakan, dalam pendistribusian vaksin Sinovac Covid-19 dikawal dengan ketat pihak kepolisian.

“Kami sudah antar dari Kantor Dinkes dan telah tiba di Kabupaten Mitra lebih kurang dua jam setengah, untuk anggota personil yang mengawal ada sekitar 17 personil. Terdiri dari Brimob Polda Sulut, Lantas bersama pihak Dinkes sendiri,”singkatnya.(CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.