Wagub Steven Kandouw Hadiri HUT ke-66 Kodam XIII/Merdeka, Ajak Bantu Seluruh Spektrum Persoalan di Sulut

oleh -1366 Dilihat

MANADO, Swarakawanua.com – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw menghadiri acara syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka yang digelar di Makodam, Kota Manado, Senin (24/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Wagub Steven Kandouw mengungkapkan, HUT Kodam ke-66 adalah momen untuk semakin merapatkan barisan demi terciptanya Sulut yang rukun, aman dan damai.

“Kodam XIII/Merdeka sampai sejauh ini sangat membantu pemerintah provinsi disemua spektrum permasalahan, ekonomi, sosial, budaya apalagi keamanan,” ujarnya.

“Mewakili Pak Gubernur Sulut, Bapak Olly Dondokambey dan rakyat Sulut menyampaikan banyak terima kasih dan selamat HUT ke-66 buat Kodam XIII/Merdeka,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengucapkan Dirgahayu Kodam XIII/Merdeka kepada keluarga besar Kodam XIII/Merdeka dimana saja berada dan bertugas.

“Acara syukuran ini merupakan wujud ungkapan terima kasih dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan nikmat yang telah dianugerahkannya, sehingga di usia yang ke-66 Kodam XIII/Merdeka dapat terus eksis mengabdi kepada rakyat, bangsa dan negara Indonesia tercinta,” kata Pangdam.

Peringatan HUT Kodam XIII/Merdeka ke-66 tahun 2024 mengusung tema “Kodam XIII/Merdeka Siap Mewujudkan Pertahanan Tangguh Untuk Indonesia Maju”.

Puncak HUT ke-66 Kodam XIII/Merdeka diawali dengan pemutaran video lintas sejarah perjalanan dan Dharma Bakti satuan Kodam XIII/Merdeka.

Acara syukuran juga diisi dengan persembahan tari Maengket yang dibawakan oleh Sanggar Somborum serta penampilan tarian kreasi yang dibawakan oleh satuan Yonif 712/Wiratama, Yonzipur 19/Yudha Karya Nyata dan Kikav 10/Manguni Setia Cakti.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan acara penyerahan penghargaan kepada Pensiun TNI dan PNS, penyerahan bingkisan atau tali asih kepada Veteran dan Warakawuri serta pemberian hadiah pemenang lomba.

Untuk diketahui, Kodam XIII/Merdeka pernah dibentuk untuk mengawal teritorial Sulut namun ditutup pada tahun 1985.

Tetapi karena perkembangan situasi sekarang dibentuklah kembali Kodam XIII/Merdeka yang merupakan Alih Kodal dari Kodam VII/Wirabuana berdasarkan Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Keputusan 33 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Pengesahan Kodam XIII/Merdeka, untuk menambah kelengkapan dan kekuatan gelar Angkatan Darat di wilayah NKRI khususnya di wilayah Sulutawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono menjadi irup peresmian Kodam XIII/Merdeka diikuti dengan upacara pelantikan Letjen (Purn) Ganip Warsito sebagai Pangdam XIII/Merdeka pada tanggal 20 Desember 2016 di Lapangan Upacara Markas Kodam XIII/Merdeka Teling, Manado.(Advetorial-diskominfosulut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.