Wah 4 Hari Menuju Pencoblosan, Caleg PKB Nomor Urut 6 Diduga Money Politik?

oleh -473 Dilihat

Minut,Swarakawanua.com – Dugaan money politik dilakukan salah satu Calon anggota Legislatif (Caleg) Kabupaten Minahasa Utara.

Dugaan money politik itu nampak dari beberapa foto yang beredar. Dalam foto, Caleg tersebut merupakan jebolan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil Kema – Kauditan, nomor urut 6, MD.

Di foto itu, MD atau Munir, nampak asik bersama para pendukungnya di salah satu tempat kuliner.

Akan tetapi, pada foto selanjutnya, para pendukung Caleg nomor urut 6 itu, sedang asik berpose sambil memegang uang sebesar Rp. 100.000.

Dari informasi yang dirangkum awak media, kejadian tersebut berlangsung di desa Kema III, Kecamatan Kema.

Bahkan dari pengakuan salah satu warga, adik kandung Munirah Djaelani sering melakukan bagi-bagi uang ke pendukung.

Awak media mencoba menggali informasi terkait pelanggaran Pemilu money politik kepada Akademisi Dr.Jericho D.Pombengi, Sos.MSi.

Menurut Jericho secara normatif, kerangka hukum pemilu tahun 2017, setiap orang yang dengan sengaja pada hari memutar suatu menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada pemilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya atau memilih peserta pemilu tertentu di pidana dengan penjara paling lama tiga tahun dan denda 36 juta rupiah.

“Jadi disini tidak disebutkan, oh lima puluh ribu boleh, jadi jawaban saya secara normatif yang demikian,” ungkap Jericho.

Penulis: Mario Sumilat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.