Wakil Bupati Membuka Pelaksanaan Konsultasi Publik RKPD Tahun 2024

oleh -471 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Drs. Jesaja Jocke Legi membuka kegiatan secara resmi pelaksanaan konsultasi publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, bertempat di Sport Hall Kantor DPRD, Rabu 25 Januari 2023.

Sebagai tahap awal dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kabupaten Minahasa Tenggara Tahun 2024, Pemerintah Kabupaten lewat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) melaksanakan Kosultasi Publik rancangan awal RKPD Kabupaten Mitra tahun 2024.

Wakil Bupati Drs. Jesaja Jocke Legi dalam sambutannya mengatakan, masyarakat disini bukan lagi menjadi objek dari arah pembangunan. Melainkan, diikut sertakan dalam proses penentuan dan arah kebijakan.

“Disini dalam kegiatan ini, masyarakat bukan hanya jadi objek arah pembangunan. Melainkan bersama-sama pemerintah menentukan arah kebijakan,” ujar Legi.

Wakil Bupati dalam kesempatan tersebut menyampaikan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan perencanaan Pembangunan RKPD tahun 2024. Dengan memperhatikan, visi dan misi RPJPD 2025.

“Ini akan menjadi acuan perumusan tujuan dan sasaran RPD tahun 2024-2026 di Kabupaten Minahasa Tenggara,” pungkasnya.

Adapun visi yaitu, Minahasa Tenggara yang mandiri, adil, sejahtera dan berkelanjutan. Sedangkan Misi yaitu, mewujudkan masyarakat Mitra yang berakhlak mulia, beretika, dan beradat berdasarkan Pancasila. Serta, menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, dan berdaya saing.

“Berikut, menciptakan lingkungan kondusif bagi investasi dan kegiatan perekonomian dalam sektor pemula yang berwawasan lingkungan. Selanjutnya , meningkatkan taraf hidup penduduk Mitra dan merata. Serta terpenuhinya semua kebutuhan hidup secara layak, paling terakhir dari Misi yaitu, tercapainya tata kelola pemerintah yang baik atau pemerintah yang bersih,” pungkasnya.

Ditambahkan Wabup, konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan. Sebagaimana dikatakan oleh undang-undang nomor 25 tahun 2002 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional.

“Proses pembangunan dilaksanakan secara saksama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat, dalam hal ini masyarakat merupakan mitra kerja didalam proses pembangunan. Baik dari perencanaan, pelaksanaan sampai pada pengawasan,” tutup Legi.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu, Sekda Mitra David H Lalandos, AP, MM, Asisten I Arnold Mokosolang, Asisten II Janni Rolos, Asisten III Elly Sangian, Kepala Bapeda Mitra dr. Joice Oroh, pihak Kepolisian, TNI, kepala SKPD, hukum tua, perwakilan LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda. (CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.