Walukow Ingatkan Masyarakat Waspada Terhadap Bahaya Kebakaran

oleh -209 Dilihat

Sulut,Swarakawanua.com-Ketua Fraksi Demokrat DPRD Sulut Hendry Walukow mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap kegiatan yang menyebabkan bahaya kebakaran.

Menurutnya ada 2 fenomena iklim yang menyebabkan penurunan curah hujan, termasuk di Indonesia. Yaitu, Indian Ocean Dipole (IOD). Di mana, saat IOD positif, suhu permukaan laut di Samudra Hindia bagian barat menghangat, sedangkan di bagian timur mendingin.

“El Nino adalah fenomena anomali kenaikan suhu dan IOD Positif saling menguatkan sehingga membuat musim kemarau tahun ini jadi lebih kering dan curah hujan pada kategori rendah ditambah tiupan angin kencang di sejumlah wilayah Sulawesi Utata sangat berpotensi terjadi kebakaran sehingga masyarakat diminta tanggap dan hati- hati,” kata Walukouw, Rabu (16/08/2023).

Sekertaris komisi I bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Sulut ini juga meminta pemerintah dapat melakukan tindakan pencegahan dini dengan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya kebakaran saat musim kering disertai tiupan angin kencang.

”Tidak membakar hutan ketika membuka lahan, tidak membuang puntung rokok sembaranhan, selalu mematikan Kompor usai memasak, mematikan aliran listrik ketika selesai menggunakan setrika, meruoakan langkah yang terus diingatkan keoada masyarakat sebagai langkah antisipasi,” kata Walukow.

Adapun penyampaian Walukouw ini nenanggapi pernyataan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati yang menyatakan kekeringan di musim kemarau tahun 2023 ini akan lebih parah dibandingkan musim kemarau tahun 2020, 2021, dan 2022. Namun, tidak lebih parah dari musim kemarau tahun 2015, dan kemungkinan sama seperti musim kemarau tahun 2019.

Sebagai infornasi, El Nino memicu suhu tinggi, meski Indonesia tidak mengalami gelombang panas atau heatwave, tapi suhu sampai 35 derajat Celcius menimbulkan masalah dan memiliki potensi tinggi terjadinya kebakaran dan hal ini harus diantisipasi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.