Warga Jemaat GMIBM Bethesda Pangi Menyambut James Sumendap Dengan Kue Tamo

oleh -298 Dilihat

BOLMONG, Swarakawanua.com– Warga Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM) Jemaat Bethesda Pangi, Kabupaten Bolaang Mongondow, menyambut Calon Legislatif (C aleg) dari PDI Perjuangan, Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), nomor urut 3, James Sumendap, SH, MH dengan kue Tamo (Kue Sambut Tamu).

Penyambutan Kue Tamo kepada Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, SH, MH dalam menghadiri acara Tulude, sekaligus ibadah syukur peletakan Batu Dasar pembangunan Gedung Gereja GMIBM Bethesda.

“Saya rasa perlu adanya transformasi, agar nilai-nilai luhur dari kebudayaan. Agar nilai Tulude ini perlu budaya dengan adat seiiring berjalan, karena itu saya berharap nilai-nilai budaya terus di lestarikan,” ujar Sumendap.

Dimata Panglima Panji Yosua Sinode GMIBM tersebut menuturkan, kecintaanya terhadap budaya dan adat yang ada di Sulawesi Utara sangatlah sejalan dengan apa menjadi harapan dari Bapak Presiden RI pertama Soekarno.

“Saya merasa senang atas sambutan yang meriah kepada saya beserta rombongan, terutama sambutan pemotongan kue Tamo. Kue sambut tamu saya rasa tetaplah terus kita lestarikan,” ungkap Sumendap.

Dimana menurut JS sapaan akrab James Sumendap, SH, MH, kue Tamo perlu terus kita lestarikan. Agar nilai-nilai budaya dan adat akan terus seiiring dan sejalan, sehingga apa yang di harapkan para pejuang-pejuang kita itu bisa dicapai.

“Saya atas nama pribadi beserta rombongan mengucapkan, selamat merayakan acara Tulude. Dimana Tulude diartikan meluncurkan atau melepaskan sesuatu di tahun yang lama agar siap menerima tahun yang baru,” ucap Sumendap.

Sehingga menurut JS, Tulude yang dilaksanakan setiap tang gal 31 Januari merupakan acara untuk melepaskan semua hal-hal yang buruk dilakukan di tahun lalu, menjadi bersih di tahun yang baru ini.

“Dalam artian disini, Tulude kalau disamakan orang Minahasa yaitu acara Kunci tahun (kuncikan). Sehingga apa yang jadi soe-soe Torang di tahun lalu kita bisa di sucikan di tahun yang baru ini,” tutur Sumendap. (CIA)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.