Waspadai Dampak El Nino, Dinas Pertanian Mitra Demonstrasi Gerakan Pengendalian Secara Serentak

oleh -156 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Mewaspadai dampak El-Nino, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), lewat Dinas Pertanian dan Peternakan gelar gerakan Pengendalian Serentak Antisipasi El-Nino sebagaimana untuk menindaklanjuti surat dari Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Sulut. Bertempat di Desa Tababo Selatan, dihamparan kelompok Tani AD,Kecamatan Belang, Rabu 30 Agustus 2023.

Kepada awak media Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mitra Ir. Vecky Monigir, MM mengatakan, guna mengantisipasi musim kering diakibatkan dari kondisi iklim El-Nino yang sudah berlangsung beberapa bulan terakhir.

“Maka, kami sudah menyiapkan langkah antisipasi berupa upaya khusus untuk menjaga Kontinuitas produksi pangan. Lewat gerakan Pengendalian serentak El-Nino dengan mengikuti lewat Zoom Meeting,” ujar Monigir.

Lebih lanjut dikatakan Monigir, pihaknya sudah mengantisipasi salah satunya dengan menyiapkan pompa air di wilayah yang mengalami kekeringan.

“Karena itu kami melaksanakan demontrasi penyiraman lahan sawah kering dengan memanfaatkan pompa air,” pungkas Monigir.

Sementara menurut Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Holtikultura Nofry Rompas menambahkan, kendati demikian, Distanak Kabupaten Mitra tidak mau lenga h.

“Karena itu, kami sudah menyiapkan langka h-langkah guna untuk mengantisipasi akan kemungkinan terburuk hasil pertanian saat ini,” ucap Rompas.

Terkait hal tersebut Rompas menjelaskan, pihaknya telah melakukan upaya baik dari perbaikan dan rehabilitasi jaringan irigasi yang diperkuat oleh daerah

“Berdasarkan hal tersebut, kami telah melakukan upaya baik dari perbaikan dan rehabilitasi jaringan irigasi. Ada juga benih tanah kering yang sudah diintervensi di setiap daerah, lebih khusus lagi di Mitra,” tutur Rompas.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, sekertaris Dinas Pertanian dan Peternakan Abdul Karim Pontoh, Hukum Tua Desa Tababo Selatan Citra Kawulusan,Kelompok Tani,jajaran Dinas Pertanian,Kepala BPP Jouke Liuw. (CIA)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.