MJP Gelar SosRanperda Kerukunan Antar Umat Beragama

oleh -244 Dilihat

Sulut,Swarakawanua.com-Program kegiatan sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (SosRanperda) DPRD Sulut menjadi salah satu hal penting guna mendapatkan masukan masyarakat dalam melakukan penyempurnaan draft Ranperda sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Sulut Melky Jakhin Pangemanan S.IP, MAP, M.Si (MJP) saat menggelar SosRanperda Kerukunan Antar Umat Beragama (KAUB) selama dua hari di Kelurahan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara dan Kelurahan Apela Kota Bitung, Kamis – Jumat (13-14/09/2023).

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini menyebut proses penyusunan Ranperda oleh DPRD Sulut kali ini ikut melibatkan masyarakat sekaligus melihat tanggapan publik khususnya komitmen kebangsaan yang telah berjalan dengan baik di Provinsi Sulawesi Utara.

”Di daerah lain mungkin mereka kaget kalau ada Remaja Masjid jaga Gereja, begitupun sebaliknya, tetapi di Sulut sudah menjadi hal biasa karena komitmen kebangsaan ini sudah mengakar sejak dahulu. Tetapi kita tidak boleh lengah karena ada paham – paham luar, paham – paham radikalisme yang bisa masuk ke Sulut dan bisa mempengaruhi masyarakat,” jelas MJP.

Ranperda Kerukunan Antar Umat Beragama kata MJP,  bertujuan untuk memperkuat komitmen kebangsaan yang telah dilakukan masyarakat Sulut yang dikenal memiliki tingkat toleransi paling terbaik di Indonesia.

”Kalau di daerah lain ada persoalan dalam hal pendirian rumah ibadah, namun di kita itu bisa dengan aman dengan kesepakatan konsesus bersama hidup berdampingan dimana orang tidak melihat suku, ras dan agama tetapi melihat bahwa kita adalah anak bangsa Negara Kesatuan Republik indonesia, itulah inti utama dari Ranperda ini, ” terang legislator dari Dapil Minut – Bitung.

MJP juga berharap Raperda tersebut bisa dituntaskan tahun ini yang akan menjadi payung hukum dalam menjaga  kebersamaan masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara menjadi lebih baik lagi kedepan.

”Kalau masyarakatnya rukun berarti iklim investasinya juga akan sehat, ekonomi kita akan bertumbuh dan akan jadi bagian dari peningkatan kesejahteraan masyarakat. “tandas MJP.

Dalam kegiatan Sosialisasi Ranperda yang menghadirkan Narasumber Ketua Forum Wartawan DPRD Sulut Reamly Sangkoy tersebut banyak mendapat masukan masyarakat khususnya dalam penyempurnaan draft yang dilakukan panitia khusus (Pansus) DPRD bersama tim ahli. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.